Minggu, 27 Oktober 2024 | 05:26 WIB

Ketua DPRD Jawa Barat Targetkan Pemprov Miliki Perda Kebudayaan

foto

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Buky Wibawa saat menerima Tokoh Budayawan Jawa Barat Serta Majelis Musyawarah Sunda di Ganesha Coffee, Kota Bandung, Jumat (18/10/2024).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Buky Wibawa meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tahun depan memiliki Peraturan Daerah (Perda) Kebudayaan. Sebab kebudayaan bukan cuma menampilkan keragaman dan ciri khas belaka melainkan sangat penting untuk mempelajari kebudayaan tersebut yang kaya akan nilai-nilai luhur kebudayaan Jawa Barat. 

"Saya sudah berdiskusi dengan tokoh-tokoh budaya Jawa Barat untuk bertukar pikiran untuk mengajukan Perda tentang kebudayaan di Provinsi ini, " ucap Buky saat menerima tokoh budayawan Jabar dan Majelis Musyawarah Sunda di Ganesha Coffee Bandung, Jum'at (18/10-2024).

Buky menyebutkan, banyak sekali pikiran dan masukan yang akan dituangkan pada susunan naskah akademik. Di antaranya, dengan adanya Perda kebudayaan, masyarakat bukan hanya mengetahui sejarah kebudayaannya tapi ada kecenderungan untuk melestarikan kebudayaan tersebut. 

"Jawa Barat sangat kaya dengan seni budayanya dan ini sangat penting untuk kita lestarikan. Pada era digitalisasi dan globalisasi pengaruhnya sangat besar terhadap kondisi sosial di masyarakat, " kata Buky seraya menambahkan, penyusunan Perda ini ditargetkan terwujud tahun 2025, sehingga keberadaan kebudayaan mendapat payung hukum yang kuat untuk diterapkan di masyarakat Jabar.

Ia berharap Perda Kebudayaan ini selesai dalam waktu secepatnya sehingga target tahun depan dapat selesai dan terealisasi sehingga di Jabar sudah memiliki payung hukum kemajuan kebudayaan sendiri. **

Editor : H. Eddy D