Minggu, 27 Oktober 2024 | 05:21 WIB

Siap Membangun Pendidikan Berkualitas, Dr Dandan Riza Wardana Ajak Warga 'Ngadandanan Bandung'

foto

BANDUNG, Indoartnews.com ~ Calon Wali Kota Bandung, Dr. Dandan Riza Wardana, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjalankan visi misi menjadikan Bandung ASIK (Agamis, Sejahtera, Inovatif, Kreatif, dan Kolaboratif). Dalam konteks ini, Dandan mengusung program 'Ngadandanan Bandung', yang bertujuan untuk melanjutkan dan meningkatkan berbagai program positif, serta mengatasi persoalan yang masih mengemuka di Kota Bandung.

Salah satu isu utama yang sering dikeluhkan warga, terutama menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), adalah kualitas dan akses pendidikan. Dandan menegaskan bahwa pemerataan pendidikan berkualitas menjadi prioritas utamanya dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Saya mendengar keluhan orang tua mengenai zonasi sekolah. Kami ingin merumuskan program yang dapat mensetarakan akses pendidikan," ujarnya dalam acara Basa Basi Podcast Pokja PWI Kota Bandung, Rabu (2/10/2024).

Dandan menambahkan bahwa zonasi dalam PPDB tidak hanya berlaku untuk sekolah negeri, dan pemerintah kota perlu berperan aktif dalam mengisi kekurangan yang ada. "Penting bagi pemerintah kota untuk mengatasi kekosongan yang ditinggalkan oleh zonasi," imbuhnya.

Ia juga menyuarakan keprihatinan terhadap orang tua yang merasa terbebani ketika anaknya tidak diterima di sekolah negeri dan terpaksa harus memilih sekolah swasta. Untuk itu, Dandan mengusulkan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah untuk membantu sekolah swasta, sehingga orang tua tidak merasa keberatan.

Menyinggung soal distribusi sekolah di Kota Bandung, Dandan menyoroti ketidakmerataan jumlah sekolah di setiap kecamatan. "Jika perlu membangun sekolah baru, kita harus mempertimbangkan kesiapan pendidikannya," jelasnya. Ia menekankan pentingnya perencanaan matang dalam pembangunan agar tidak terjadi kekurangan dalam hal tenaga pengajar dan sarana prasarana.

Selain itu, keberadaan sekolah swasta dinilai dapat menjadi alternatif untuk mencapai pemerataan pendidikan. "Sekolah swasta yang terjangkau, didukung oleh pemerintah kota, dapat menjadi solusi bagi orang tua," katanya.

Jika terpilih sebagai Wali Kota Bandung untuk periode 2025-2030, Dandan berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dengan pemerintah provinsi dalam pengelolaan satuan pendidikan tingkat SMA/SMK. Ia berencana untuk bertemu dengan perhimpunan sekolah swasta untuk mendiskusikan tantangan yang dihadapi, agar tidak ada kesenjangan yang signifikan antara sekolah negeri dan swasta.

Dandan Riza Wardana menegaskan, peningkatan akses dan pemerataan pendidikan berkualitas merupakan salah satu dari 11 poin komitmennya jika terpilih dalam Pilkada 2024.**