Minggu, 27 Oktober 2024 | 05:28 WIB

PWI Pusat Tunjuk Riau sebagai Tuan Rumah HPN 2025

foto

JAKARTA, indoartnews.com ~ Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengundang Dewan Pers dan seluruh konstituennya untuk merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2025 di Provinsi Riau. Penetapan ini disampaikan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Zulmansyah Sekedang, dalam rapat bersama Dewan Pers di Gedung Dewan Pers, Jakarta, pada Kamis (24/10/2024).

Zulmansyah menjelaskan, keputusan menjadikan Riau sebagai tuan rumah HPN 2025 telah melalui beberapa tahapan penting. “PWI Pusat sudah menetapkan Provinsi Riau sebagai lokasi HPN 2025 setelah menggelar Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) dan dua kali Rapat Pleno,” ungkap Zulmansyah.

Menurutnya, HPN 2025 akan dipusatkan di tiga lokasi, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Siak, dengan agenda utama berlangsung pada 5-10 Februari 2025. PWI juga sudah memulai persiapan sejak Mei 2024 dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) PWI Pusat Nomor: 207-PLP/PP-PWI/2024 yang menunjuk PWI Provinsi Riau sebagai tuan rumah.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Riau melalui Gubernur Riau juga telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan HPN di wilayahnya. Dukungan ini tertuang dalam surat resmi Gubernur Riau Nomor: 500.12/Diskominfotik/1518 yang diterbitkan pada 3 Mei 2024.

Zulmansyah menambahkan, tema yang diusung untuk HPN 2025 adalah "Pers Berintegritas Menuju Indonesia Emas," dengan maskot Ikan Patin berbusana Melayu, yang merepresentasikan identitas budaya Riau.

PWI Pusat juga telah membentuk panitia inti untuk pelaksanaan HPN 2025, dengan Marthen Selamet Susanto sebagai Ketua Panitia dan Novrizon Burman sebagai Sekretaris. Kick-off perayaan ini akan diadakan pada 10 November 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

“Kick-off ini juga sudah dikoordinasikan dengan Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta dan pihak TMII,” jelas Zulmansyah. Setelah kick-off, PWI akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital serta konstituen Dewan Pers untuk merancang rangkaian kegiatan puncak HPN 2025 di Riau.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan apresiasi atas persiapan yang telah dilakukan PWI Pusat. Dewan Pers berencana menggelar rapat pleno untuk mematangkan perayaan HPN 2025 bersama konstituennya.

“Terima kasih atas informasi yang disampaikan. Dewan Pers akan segera mengadakan rapat pleno untuk pelaksanaan HPN 2025,” ujar Ninik Rahayu.**