Minggu, 27 Oktober 2024 | 03:22 WIB

Komisi I DPRD Jabar Mendorong Petani Tingkatkan Produktivitas

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Bambang Mujiarto, Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, mendorong kesejahteraan para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Barat lebih optimal. Karena Jawa Barat dengan cakupan wilayahnya yang begitu luas, hasil pertanian khususnya pangan masih jadi salah satu sektor perekonomian primadona. 

Bambang Mujiarto mengungkapkan, dalam hal ini kita bukan mengejar target untuk meningkatkan produktivitasnya saja melainkan juga para pelaku usahanya para petani juga mendapat manfaat dari program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, " tuturnya. 

Ia menyebutkan sebagai pahlawan pangan Indonesia, para petani ini juga harus diperhatikan, lebih sejahtera dan dalam konteks kemapanannya harus terjamin. Ini semua perlu didorong oleh semua elemen, terutama Pemda Provinsi Jawa Barat.

"Pemprov Jabar menjadi corong utama agar para petani menjadi lebih sejahtera, kebutuhannya terpenuhi, pembiayaan produksinya terserap dengan baik. Tidak hanya sekedar menghitung angka sebagai kebanggaan secara administrasi. Tapi sentuhan langsung jauh lebih penting," tegas Bambang. 

Ia menyebutkan, kalangan penyuluh dan Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) pertanian harus turut mendampingi para petani sebagai garda terdepan peningkatan produktivitas pertanian sebagai satu kesatuan. 

Pembahasan RAPBD TA 2025 dengan mitra strategis Komisi II untuk pengkajian mendalam program-program kegiatan. Penelaahan itu untuk merasionalisasikan kajian tersebut apakah sudah sesuai kebutuhan. Jika belum, harus ada penyesuaian program dan berbagai kegiatan dan pihaknya akan mendorong sesuai kebutuhannya. Dengan demikian program dan kegiatan itu dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. **

Editor : H. Eddy D