Minggu, 27 Oktober 2024 | 07:27 WIB

Satgas Citarum Sektor 21-01 Cicalengka Angkut 35 Kg Sampah dari Bantaran Sungai Cibodas

foto

CICALENGKA, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 01 kembali melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dibantu oleh para petugas kebersihan setempat (Gober), Satgas yang dipimpin Serka Hamidun B menggelar kegiatan karya bakti membersihkan bantaran Sungai Cibodas di wilayah Kampung Cikopo, Desa Babakanpeuteuy, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Kamis (17/10/2024).

Dalam kegiatan tersebut, tim berhasil mengumpulkan sebanyak 35 kilogram sampah dari area yang memiliki panjang sekitar 80 meter dengan lebar 4,5 meter. Selain membersihkan sampah plastik dan material yang mencemari sungai, Satgas juga melakukan penebasan rumput ilalang yang tumbuh liar di sekitar bantaran sungai.

Serka Hamidun B, selaku komandan subsektor, menjelaskan, sampah yang terkumpul kemudian dibakar di lokasi yang aman, jauh dari permukiman warga untuk menghindari gangguan kesehatan dan polusi lingkungan. “Kami selalu memastikan setiap tindakan kami tidak menimbulkan dampak negatif bagi warga sekitar,” ungkapnya.

Serka Hamidun menegaskan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan oleh Subsektor 01 selalu dilaporkan secara rutin kepada Dansektor 21, Kolonel Infanteri Subagio Prayitno. "Pelaporan ini penting untuk menjaga koordinasi yang baik serta evaluasi dalam menjaga kebersihan sungai," tambahnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Citarum Harum yang bertujuan untuk mengembalikan kelestarian Sungai Citarum serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Melalui upaya ini, diharapkan dapat mendorong warga sekitar untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sekitar aliran sungai.**