Minggu, 27 Oktober 2024 | 05:23 WIB

Satgas Sektor 21-05 Cisangkuy dan Warga Angkat Sedimen di Sungai, Sawah Petani Kembali Teraliri Air

foto

CISANGKUY, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 5 Cisangkuy melaksanakan pembersihan sedimen dan sampah di anak Sungai Cisangkuy, Dusun Sayangkidul, Desa Rancatungku, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (21/10/2024) ini berhasil membersihkan sepanjang 500 meter aliran sungai, dengan hasil dua truk karung berisi sedimen. Sedimen tersebut digunakan untuk meratakan jalan di bantaran sungai yang semakin menyempit dan berlubang.

Setelah perbaikan jalan, Satgas melanjutkan patroli untuk memastikan aliran Sungai Cisangkuy tetap bersih dari sampah. Selain itu, Satgas Citarum Harum mengadakan sosialisasi di Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, kepada sejumlah warga, seperti Abidin, Karno, Zulfikar, dan Dadi. Mereka dihimbau agar menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, serta diminta untuk menyampaikan pesan ini kepada keluarga dan warga sekitar.

Dansubsektor 05 Cisangkuy, Serma Suyatman, menjelaskan bahwa aksi ini dilakukan atas inisiatif bersama warga setempat. "Kemarau panjang menyebabkan aliran air yang mengairi sawah menjadi kering. Warga melihat banyak sedimen dan sampah yang menumpuk, sehingga mereka berinisiatif untuk membersihkan bersama-sama," katanya.

Sekitar 75 warga, mayoritas petani, ikut bergotong royong bersama Satgas membersihkan sedimen dan sampah yang menghambat aliran air. Serma Suyatman juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan sungai menjelang musim hujan. "Sungai ini harus terus dibersihkan karena jika debit air meningkat saat hujan, luapannya bisa masuk ke pemukiman warga," ujarnya.

Sedimen yang diangkat sebagian besar terdiri dari pasir dan kain yang mengendap di dasar sungai. Selain memperlancar aliran air, sedimen tersebut dimanfaatkan untuk menambal jalan di bantaran sungai yang rusak. Rencananya, kegiatan gotong royong ini akan dilanjutkan minggu depan untuk membersihkan sisa-sisa sedimen.**