Senin, 3 Agustus 2020 | 16:45 WIB

Siswa SMA BPPI Baleendah Kini Memahami Kondisi Citarum

foto

Elly Susanto

Difa Nurhalifa, Rudi Saksena dan Mega Annisa. Ketiganya siswa SMA BPPI usai mengikuti Sosialisasi Program Citarum Harum Sektor 21 di Aula SMA 1 Baleendah, Senin (16/12/2019).

BALEENDAH, indoartnews.com ~ Tiga orang siswa SMA BPPI Baleendah Kab. Bandung kini menyadari betapa besar peran Citarum dalam kehidupan masyarakat dan pengusaha industri karena Citarum faktor utama pembangkit listrik.

Mega Annisa, siswa kelas 12 SMA BPPI menyatakan, dengan sosialisasi yang dilaksanakan Satgas Citarum Harum Sektor 21 di hadapan para siswa SMA di Balerndah, membuka wawasan bahwa jika Citarum bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan masyarakat.

Mega Annisa berpendapat, saat ini dengan terjunnya anggota TNI dalam program Citarum Harum menunjukkan betapa tugas itu demi kepentingan masyarakat.

Setelah terjunnya TNI dalam program ini, kondisi sungai Citarum beserta anak-anak sungainya sudah mulai terlihat bersih dan rapi.

 

Sementara, siswa sekolah itu juga, Rudi Saksena menyatakan, sebelumnya tidak memahami program Citarum Harum. Ia hanya melihat di televisi kondisi Citarum tercemar sampah dan limbah industri. 

Namun, setelah program Citarum Harum bergulir, kini Citarum dan anak-anak sungai sudah membaik. "Karena itu, setelah sosialisasi Citarum Harum yang dipimpin pak Kolonel Yusep Sudrajat saya sendiri bertambah ilmu dan berkeinginan membantu kebersihan lingkungan," ujar Rudi.

Di lain pihak, siswa lainnya, Difa Nurhalifa, menyebutkan, saat ke sekolah sering menyaksikan banyak anggota TNI yang sedang membersihkan anak-snak sungai.

Sebab, sebelumnya anak-anak sungai itu terlihat airnya kotor dan hitan pekat. Ternyata itu air limbah dari pabrik. Tetapi saat ini anak-anak sungai sudah bersih dan tidak tercemar. "Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapa TNI," ujar Difa Nurhalifa.**