Minggu, 27 Oktober 2024 | 07:20 WIB

Satgas Sektor 21-04 Cikapundung Bersihkan Sungai dan Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

foto

DAYEUHKOLOT, indoartnews.com ~  Satgas Citarum Harum Sub Sektor 4 Cikapundung melaksanakan kegiatan pembersihan di bantaran Sungai Cikapundung, tepatnya di Kampung Sukabirus, RT 03 RW 15, Desa Citeurep, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9/2024). 

Kegiatan dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh Dansubsektor 4, Peltu Mujiyono, sebelum dilanjutkan dengan pembersihan sampah dan pembabatan rumput liar yang tumbuh di sekitar area sungai.

Selama kegiatan pembersihan, tim Satgas dibantu Gober dan warga setempat berhasil mengangkut sekitar 100 Kg sampah basah dan rumput liar dari kawasan bantaran sungai. Sampah tersebut kemudian dikeringkan dan dibakar untuk mencegah penumpukan sampah di area tersebut.

Usai kegiatan pembersihan, Satgas melanjutkan dengan komunikasi sosial (Komsos) kepada warga, khususnya mereka yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Dalam sesi Komsos ini, Peltu Sugiyono mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai. Ia juga menekankan pentingnya memilah sampah dari sumbernya.

“Pilah sampah sebelum dibuang. Sampah seperti botol plastik bisa dikumpulkan dan dijual kembali, yang tentunya bisa menghasilkan keuntungan. Sedangkan sampah organik dapat diolah menjadi kompos yang bermanfaat,” ujar Peltu Mujiyono.

Melalui kegiatan ini, Satgas Citarum Harum Subsektor 4 berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar sungai, serta mengajak mereka untuk memanfaatkan sampah dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan menguntungkan.**