Menuju Masa Depan: Pemerintah Kota Cimahi Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045

foto

CIMAHI, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 di Hall Cimahi Techno Park pada Kamis (18/04/2024).

 Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai unsur, termasuk Forkopimda, anggota DPRD, organisasi perangkat daerah, TNI-Polri, ormas, akademisi, media massa, dan stakeholder pembangunan lainnya.

 Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesra, Totong Solehudin, menyatakan bahwa Musrenbang RPJPD bertujuan untuk menyepakati visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pembangunan jangka panjang Kota Cimahi, serta untuk menyinkronkan dengan visi nasional dan provinsi.

 "Pelaksanaan musrenbang RPJPD Kota Cimahi tahun 2025-2045 prosesnya didahului dengan kegiatan evaluasi RPJPD periode sebelumnya, penjaringan permasalahan serta isu strategis hingga tersusunlah rancangan awal RPJPD Kota Cimahi," pungkas Totong.

 Sementara, Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menegaskan pentingnya menjaga keselarasan dokumen perencanaan antara pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, serta mengakomodasi masukan dari semua pihak terkait pembangunan Kota Cimahi ke depan.

 Dalam wawancara dengan awak media, Dicky Saromi, mengatakan, Musrenbang ini adalah tahapan yang terakhir untuk memastikan proses teknokratis dan partisipatifnya selesai, sehingga di bulan Mei nanti sudah masuk pada agenda proses politis. 

 "Melalui proses teknokratis dan partisipatif ini kita banyak mendapatkan masukan, baik dari konsultasi publik kemarin, maupun masukan dari Provinsi dan Pemerintah Pusat," tutupnya.**