Teras Cihampelas Bangkitkan Perekonomian Lokal dan Kreativitas Pedagang

foto

Elly Susanto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Sejak Teras Cihampelas resmi dibuka pada 19 September 2023, dianggap sebagai penyegar bagi para pedagang kaki lima (PKL) di Sky Walk, kebanggaan masyarakat Kota Bandung. Pandemi Covid-19 membuat 192 pedagang di Teras Cihampelas harus menutup usaha.

 Setelah beberapa bulan beroperasi, pedagang PKL yang kini menyebut diri mereka sebagai Pedagang Kreatif Lapangan di Teras Cihampelas merasakan peningkatan kunjungan wisatawan, terutama di hari libur atau akhir pekan.

 "Ini memberikan dampak positif, terutama bagi PKL. Omset meningkat dan jumlah pedagang aktif juga bertambah," ungkap Ina wanaasih (65), salah satu pedagang kuliner di Teras Cihampelas, Rabu (24/4/2024) malam

 Penyediaan paket makanan berbuka puasa selama bulan Ramadan adalah salah satu strategi penjualan yang dilakukan oleh pedagang kuliner di Teras Cihampelas,.

 Pemerintah Kota Bandung, melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar), mendukung promosi, sementara Dinas KUKM fokus pada peningkatan kualitas dan kreativitas pelaku UMKM.

 "Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pengelola Teras Cihampelas sering mengadakan berbagai kegiatan, termasuk acara perayaan HUT Teras Cihampelas juga mengundang komunitas-komunitas lokal," tutur Ina.

Keberadaan Teras Cihampelas tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang menarik tetapi juga memperkaya kuliner khas Bandung.**