Sabtu, 25 Januari 2020 | 23:26 WIB

PT. Benang Warna Indonesia Dicor Outletnya Keluarkan Limbah Pekat

foto

Elly Susanto

CIMAHI, indoartnews.com ~ Satgas Subsektor 13 Cimahi Selatan yang berada di bawah komando Dansektor 21, Kol. Inf. Yusep Sudrajat Kamis malam kemarin (26/12) giat melaksanakan patroli malam di sungai-sungai Kota Cimahi dan jam 01.00 menemukan limbah hitam pekat keluar dari IPAL PT. Bintang Warna Indonesia.

Tengah malam itu pula Satgas telah mengambil sample air limbah untuk bukti esok Jumat yang disertai 2 orang petugas BNSP menunjukkan buktinya, dilanjutkan dengan mengecor lubang outfall IPAL PT. BWI tersebut.

Pengecoran lubang IPAL pabrik itu dilaksanakan mengingat Satgas selalu mengingatkan kepada pengusaha pabrik memperbaiki/menyempurnakan IPALnya agar pembuangan air ke sungai dalam keadaan bersih, tidak berwarna.

Sebab, kata Dansektor, Satgas Citarum Harum tetap melaksanakan perintah Presiden sesuai Perpres No.15 tahun 2018 untuk mengembalikan sungai Citarum pada kondisi bersih dan jernih.

Sementara, sebagaimana di wilayah Kab. Bandung, Kota Cimahi pun banyak berdiri usaha pabrik dengan menghasilkan limbah kotor yang dialirkan ke anak-anak sungai Citarum. 

Setelah Satgas Ciarum Harum turun, pembuangan limbah kotor kian berkurang dan hampir semuanya telah memperbaiki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabriknya.

Namun demikian, aktivitas Satgas tetap dilaksanakan berdasarkan Perpres tersebut hingga selesai dan Citarum kembali bersih sebagaimana awalnya yang bisa dipakai untuk kebutuhan warga Jawa Barat.**