Minggu, 27 Oktober 2024 | 03:28 WIB

Mungsolkanas Masjid Usia 155 Tahun Tertua yang Ada di Kota Bandung

foto

 BANDUNG, indoartnews.com ~ Masjid Mungsolkanas berdiri di Kota Bandung tahun 1869 berarti usianya sudah 155 tahun ternyata masjid tertua di Kota Bandung yang berlokasi di Gang Mama Winata RT 02 RW 05 Jalan Cihampelas Kelurahan Cipaganti Kecamatan Coblong Kota Bandung.

Masjid Mungsolkanas dibangun ulama besar bernama Kiyayi Haji Abdulrohim yang kerap dipanggil Mama, Aden. Menurut keterangan Mungsolkanas singkatan dalam basa Sunda : "Mangga Urang Ngsos Sholawat Ka Kanjeng Nabi SAW". Nama itu juga diambil dari filosofi do'a dari dalam kitab Tankibulkaul. Artinya, setiap orang yang membaca dan mengamalkan sholawat kepada Nabi SAW pasti diterima dan dikabulkan oleh Allah SAW. 

AWALNYA :

Masjid yang terletak di daerah pemukiman padat penduduk di daerah Cihampelas ini hanyalah sebuah bangunan panggung terbuat dari bilik (dinding) bambu. Pertama kali dibangun, bentuknya masih panggung dari bilik satu lantai dengan kolam di bawahnya. Sekarang telah diubah menjadi kantor untuk keperluan administrasi masjid. 

Kini masjid itu telah mengalami perubahan signifikan menjadi bangunan 2 lantai yang terbuat dari tembok. Tidak ada sisa-sisa bangunan lamanya. Kini masjid itu telah kokoh dan modern. 

Masjid ini pun memiliki beberapa peninggalan yang masih ada hingga saat ini. Salah satunya Al Qur'an yang ditulis tangan dan masih tersimpan dalam sebuah etalase kaca di lantai 2 masjid ini. Peninggalan lainnya berupa sebuah batu hitam besar yang diukir dengan nama dan tahun pembangunan masjid yang diletakkan di depan pintu masuk. Tertulis : "Masjid Mungsolkanas Berdiri tahun 1869 Mangga Urang Ngaos Sholawat ka Kanjeng Nabi SAW.**

Editor: H. Eddy D