Pengerukan Sungai Cibaligo untuk Atasi Pendangakalan

foto

Elly Susanto

CIMAHI, indoartnews.com ~ Pelumpuran di Sungai yang akrab disebut sedimentasi menjadl problem yang perlu pemecahan. Satgas Citarum Harum Sektor 21 yang menangani sampah rumah tangga, limbah industri termasuk masalah sedimentasi merupakan aktivitas rutin.

Satgas Sektor 21 memiliki cakupan wilayah yang luas selalu mengerahkan Satgas di setiap Subsektor untuk tetap mengawasi dan menangani sampah dan limbah jangan sampai mencemari setiap sungai dan anak-anak sungai.

Seperti yang ditangani Satgas Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi Selatan dalam menangani sedimentasi di sungai Cibaligo dengan upaya pengerukan sedimen dalam area sepanjang 80 meter dari rencana150 meter dengan kedalaman 2 meter.

Aktivitas pengerukan sedimen di sungai Cabaligo ini dilaporkan oleh Dansubsektor 13 kepada Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat dengan pelaksanaan tugasnya, hari Minggu (29/12/2019).

Dalam pengerukan di belakang PT. Dewasutra Tex Jl. Kalimalang Kel. Melong Satgas menggunakan alat berat berupa Excavator dan 3 dun truck sehingga dapat mengangkut sedimen sebanyak 22 rit.

Pengerukan itu sendiri sebagaimana laporan Serka Lilik Satgas Subsektor 13 dalam upaya menanggulangi banjir akibat pendangkalan sungai. Ini biasanya terjadi saat musim hujan.

"Jika sedimen ini dibiarkan yang akan menderita warga di sekitar wilayah aliran sungai Cibaligo terusan sungai Cibrureum Kel. Melong," ucap Serka Lilik.**