Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:26 WIB

Arsitektur Unik Rumah Limbah Sektor 21 Citarum Harum

foto

Elly Susanto

Rumah Limbah Sektor 21 Citarum Harum

Penulis: Harry Susanto, Seniman Yogyakarta

Rumah Limbah di kawasan Taman Kehati Posko Sektor 21 Citarum Harum, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, merupakan rumah yang dibangun dengan cara dan teknik berbeda dibanding rumah biasa, dalam arti spesifik bahan yang digunakan serba dari meterial limbah.

Menerapkan arsitektur Rumah Limbah, tentunya membuat tampilan hunian tampak unik dan tampil beda. Dari segi eksteriornya, pesan unik Rumah Limbah semi tradisional tampak jelas dengan membiarkan dinding tanpa finishing permanen.

Penggunaan elemen bahan kayu dan batako serta pengambilan warna alami menonjolkan material limbah.

Material limbah yang dimaksud antara lain kayu dari bekas  packaging dari pabrik, pasir dan batako hasil daur ulang limbah batubara.

dilihat dari struktur bentuk mewakili arsitektur rumah sunda tradisional. Jika diliat dari luar, melengkapi ragam hias arsitektur keunikan rumah itu sendiri.

Ide awal Rumah Limbah dari pemikiran Dansektor 21 Kol Arm Nursamsudin, di mana gagasannya cukup unik dan menarik perhatian saat mata memandang mulai dari masyarakat umum sampai pengamat seni arsitektur.

Polesan warna warni cat menambah asri tampilan membuat nuansa unik dan natural terasa artistik dan spesifik Rumah Limbah. Tak hanya Rumah Limbah yang elok dan unik, lingkungan sekitarnya ikut menunjang. Seperti pepohonan yang rindang dan sejuk, sejauh mata memandang terlihat cakrawala alam membentang keindahan alam sekitar.**