Selasa, 3 Oktober 2023 | 13:40 WIB

Grak Ompimpah di Sektor 21-08 Bangun Kesadaran Atasi Sampah

foto

Elly Susanto

KOTA CIMAHI, indoartnews.com ~ Membangun kesadaran masyarakat tumbuh di Sektor 21 Subsektor 08 Cimahi Selatan Kota Cimahi. Satgas Subsektor 08 selalu bergandengan tangan dengan warga, pengusaha dan berbagai instansi pemerintah.

Dari kebersamaan itu di Cimahi Selatan, khususnya di Subsektor 08, Grak Ompimpah (Gerakan Orang Cimahi Pemilahan Sampah) yang dicetuskan Pj. Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan, terbukti sangat bermanfaat dan telah dilakukan warga Kota Cimahi. Sehingga ketika ada kabar banyak sampah di sungai Cibaligo di depan PT. Dewa Sutratex, Satgas Subsektor 08 bersama warga RW 03 dan Gober/Tim Pembersihan berkarya bhakti membersihkan tumpukan sampah di sungai Cibaligo.

Satgas Subsektor 08 dengan Komandannya Serma Zaenal Zaenudin bersama anggotanya Serma Frizky dengan warga membersihkannya pada Kamis (14/9/2023). Turut pula dalam kegiatan ini Babinsa Kelurahan Melong, Serka Dede Yudi. 

Dansubsektor 08 Serma Zaenal menyatakan terima kasihnya kepada PT Dewa Sutratex yang langsung mengirim alat berat Becho beserta konsumsinya untuk warga yang terjun membersihkan sampah di sungai Cibaligo.

Sementara Ketua RW 03 Ade Supriatna menjelaskan, ia menerima laporan sungai Cibaligo yang berada di depan PT Dewa Sutratex penuh sampah. "Informasi ini langsung kami laporkan kepada Satgas Citarum Harum dan PT Dewa Sutratex. Alhandulillah cepat ditanggapi. Kami pun berkarya bakti bersama warga RW 03, Satgas dan Babinsa Kel. Melong," ujar Ade. 

Mengenai sampahnya itu sementara akan disimpan di tempat penampungan RW. Selanjutnya diangkut oleh Dinas Kebersihan. "Untuk warga sendiri sudah melaksanakan program Grak Ompimpah. Program ini membangun partisipasi masyarakat melalui pilah dan olah sampah dari rumah untuk mengurangi timbunan sampah.

Ia menegaskan, sungai Cibaligo ini sudah bersih. "Ini saya kontrol bersama ketua RT 03, Pa Asdriana. Namun tiba-tiba malamnya dipenuhi sampah. Ternyata sampah tersebut kiriman dari hulu. Sebab, warga setempat sudah memiliki bak sampah dan telah melaksanakan program Grak Ompimpah," tegasnya.

Senada dengan Ketua RT 04 Adriana yang yakin itu sampah buangan dari hulu. Sebab, warganya sudah diwanti-wanti supaya sampah dipilah-pilah dan dibuang di bak sampah, jangan berceceran. Jangan sampai sampah sampai ke TPA.

Demikian pula Ketua RT 03 Adriana mengucapkan terima kasih kepada Satgas Sektor 21 Subsektor 08 yang telah membantu mengatasi masalah sampah di wilayahnya. "Alhamdulillah atas kerja sama dengan Satgas, lingkungan kami menjadi bersih kembali. Kami pun tidak tinggal diam, sering membersihkan sungai Cibaligo," ucap Adriana. **

Editor : H. Eddy D