Senin, 6 Desember 2021 | 18:45 WIB

Satgas Sektor 21-13 Bersama 50 Warga Karya Bakti di Kel. Cimahi Selatan

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Sekitar 50 orang warga RW 01 Kel. Melong, RW 15 Kel. Utama, Satgas Citarum Harum, Gober dan Ormas PP mengadakan karya bakti di Kp. Mancong perbatasan RW 01 dan RW 15. 

Karya Bakti selain membersihkan aliran parit juga membabad tumbuhan liar di tembok perbatasan kedua RW tersebut. Dalam karya bakti ini Ketua RW 01 berkoordinasi dengan Satgas Subsektor 13 Cimahi Selatan agar membantu dalam pembersihan sampah di lokasi tersebut.

Dalam hal ini Ketua RW 01 Kel. Melong, Asep Maulana dan Komandan Subsektor 13 Serka Zaenal sama-sama berpendapat perlunya diwujudkan budaya gotong royong dalam membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah. 

Budaya gotong royong di kalangan lingkungan dan sungai ini perlu diwujudkan dalam kehidupan agar tetap sehat dan sungai tidak menimbulkan bencana banjir. 

Menurut Asep, wujud gotong royong ini seperti yang dilaksanakan saat ini warga kedua RW, Satgas, tim Kecebong, Pemuda Pancasila bersama-sama membersihkan aliran sungai berikut tumbuhan liar.

"Terakhir kita membersihkan aliran sungai ini tahun 2011. Kesadaran warga dalam masalah sampah ini perlu terus dibina. Sementara aliran parit ini juga melintas pabrik sehingga untuk membersihkannya tidak begitu saja masuk ke pabrik hingga harus ada koordinasi dengan pabrik.

"Jadi inilah perlunya gotong royong yang harus dibangun lagi," kata Asep seraya berharap dengan adanya kerja bakti ini bisa terjalin kerja sama dan semoga Satgas Subsektor bisa membantu penanganan sampah ini. 

Satgas Subsektor 13 Serka Zaenal berharap wujud gotong royong ini tetap berkelanjutan. Walau jangkauan tugasnya adalah sungai besar namun sebagai TNI tugas juga membantu rakyat.

"Apalagi sebagai Satgas Citarum Harum Sektor 21 salah satunya adalah menjaga kelestarian sungai Citarum. Salah satunya dampak yang terjadi kepada masyarakat, muaranya ke sungai-sungai yang ada di wilayah DAS Citarum juga, " tegasnya.

Seperti yang diutarakan Ketua RW 01, Asep Maulana, kata Serka Zaenal, perlu dibangun lagi budaya gotong royong agar terbina rasa peduli kembali.**

Editor : H. Eddy D