Senin, 6 Desember 2021 | 19:00 WIB

Pangdam III Serahkan 40 Unit Sepeda motor Pengangkut Sampah Ke 23 Sektor Citarum Harum

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pangdam III/Slw, Mayjen TNI Agus Subiyanto SE, MSi menyerahkan 40 unit sepeda motor pengangkut sampah untuk 23 Dansektor Satgas Citarum Harum di Taman Pule Makodam III Bandung, Jum'at (5/11/2021).

Pangdam III menyebutkan, ke-40 unit sepedamotor itu dimaksudkan untuk pengangkut sampah yang dibersihkan dari sungai mau pun anak sungai yang terbuang terbawa aliran sungai. 

"Sampah salah satu permasalahan di Indonesia yang belum selesai. Saya melihat di Karawang sungainya bagus tapi sampahnya tidak keruan. Saya berfikir bagaimana caranya supaya masyarakat merasa malu membuang sampah sembarangan," ucap Panglima dalam arahannya kepada para Dansektor Satgas Citarum Harum. 

Untuk itu Pangdam berharap hendaknya para Dansektor harus aktif berkomunikasi dengan Kepala Desa dan masyarakat supaya jangan membuang sampah sembarangan.

Pangdam menegaskan, sampah bisa disimpan dulu di depan rumah untuk dipungut oleh petugas sampah yang rutin memungutnya dengan upah dari setiap keluarga.

"Para Dansektor supaya berinovatif memecahkan cara mengatasi sampah sehingga sungainya jadi bersih sehingga bisa dimanfaatkan untuk rekreasi, jadi obyek wisata, penghijauan dan kegiatan kesejahteraan masyarakat, " tutur Pangdam.

Dalam kaitan dengan bantuan sepeda motor pengangkut sampah ini, Panglima menekankan, kata Dansektor memelihara dan merawatnya dengan baik agar selalu siap operasional dengan masa pakai dalam jangka waktu cukup panjang. Selain itu, bekerja dengan niat ibadah dilandasi hati yang ikhlas. 

Kapendam III/Slw Kolonel Inf. Arie Tri Hedhianto usai acara itu mengemukakan, sampah merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam upaya pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum. 

Terlebih lagi, kata Kapendam III, saat memasuki musim hujan saat ini. Dengan hadirnya sepeda motor pengangkut sampah diharapkan bisa membantu mobilitas di setiap Sektor untuk mengatasi sampah dari lokasi Sektor menuju tempat pembuangan sampah (TPS) Sementara.**

Editor : H. Eddy D