Senin, 6 Desember 2021 | 18:32 WIB

Karya Bakti Satgas Sektor 21-15 Bersihkan Aliran Sungai Cimande

foto

Elly Susanto

Giat Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang membersihkan aliran sungai Cimande di Desa Sindangpakuwon, Selasa (26/10/202)1.

SUMEDANG, indoartnews.com Satgas Subsektor 15 Sumedang, Serka Eri Krisyana minta warga yang tinggal sekitar sungai Cimande di Desa Sindangpakuon Kec. Cimanggung Kabupaten Sumedang, jangan buang sampah ke sungai ini.

Permintaannya ia kemukakan usai karya bakti Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang bersama warga pelopor kebersihan di aliran sungai Cimande, Selasa (26/10/2021).

"Kami heran masih ada saja yang membuang sampah ke sungai Cimande sehingga ketika Satgas dan pelopor kebersihan karya bakti hari ini (Selasa, 26/10) dari aliran sungai ini dalam area 200 meter Satgas mengangkat 200 kg sampah," tegas Serka Eri.

Ia mengharapkan pula hentikan buang sampah sembarangan, terutama ke aliran sungai apalagi saat ini menghadapi musim penghujan, jika banyak sampah di sungai bisa menghambat aliran sungai hingga bisa menimbulkan banjir. "Yang rugi kan masyarakat juga," tandas Serka Eri. 

Ia pun menandaskan, jika sampah buangan warga di sini ketahuan bisa kena sanksi denda. "Ini mungkin bukan buangan warga sekitar sini," tukasnya. 

Seirama dengan Serka Eri, Ninih (35) warga RT 01/RW 11 Desa Sindangpakuon yang tempat tinggal dan usaha dagangnya berdekatan dengan sungai Cimande menghargai (apresiasi) kegiatan personel Satgas Citarum Harum Subsektor 15 bersama pelopor kebersihan yang giat membersihkan sampah dari sungai dan bantarannya. 

Namun ia pun berharap supaya Pemerintah memberi perhatian khusus kepada sungai Cimande ini karena sering meluap saat musim hujan yang berakibat banjir juga menggenangi rumah-rumah warga. 

"Untuk itu saya harapkan sungai Cimande dikeruk atau cara lainnya agar tidak selalu kebanjiran di musim hujan," katanya yang mengaku jika kebanjiran tinggi airnya bisa mencapai setengah hingga satu meter.

Sedangkan mengenai sampah, Ninih meyakini, warga di sini sudah kompak dan tetap bertekad tidak membuang sampah ke sungai.

"Namun saya pun menduga orang lewat kampung sini yang suka membuang sampah sembarangan sambil lewat. Saya pun yakin warga sini tidak berani buang sampah sembarangan. Sebab warga sini patuh sesuai anjuran Satgas," tukas Ninih.**

Editor : H. Eddy D