Senin, 6 Desember 2021 | 18:07 WIB

Ditresnarkoba Polda Jatim Ringkus 2 Orang Kurir Narkoba Jenis Sabu

foto

Barang bukti 6 Kg narkoba jenis sabu-sabu jaringan Sokobanah Madura.

SURABAYA, indoartnews.com ~ Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Gatot Repli Handoko menyatakan, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur meringkus 2 orang kurir narkoba jenis sabu seberat 6 kg jaringan Madura. 

Hal itu dikemukakan Kombes Pol. Gatot, Selasa (19/10/2021) bahwa kedua tersangka kurir narkoba masing-masing LK dan ZN dan seorang lagi SY masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena dia yang menyuruh kedua tersangka mengambil paket sabu tersebut. 

Ia menjelaskan, pengungkapan ini hasil kolaborasi antara Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya dan Diresnarkoba Polda Jatim.

Kejadiannya, kata Kombes Pol Gatot, berawal dari adanya informasi dari BC bahwa ada barang yang dicurigai dan diduga narkotika.

Dijelaskannya, LK dan ZN warga Dusun Karang Kokap Kel. Sruni Kec. Jenggawah Kab. Jember. ZN sendiri lahir di Sampang Madura.

Dari interogasi terhadap kedua tersangka bahwa barang haram itu berasal dari Malaysia. Namun ini jaringan Sokobanah Madura. 

Terhadap kedua tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 122 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. 

Sementara, Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Jatim menjelaskan, barang itu dikemas melalui paket yang kemudian dicurigai oleh pihak BC yang dikembangkan dan akhirnya meringkus kedua kurir sabu itu. 

Kedua tersangka mengaku baru melakukan 2 kali hanya sebagai kurir dan rencananya barang haram itu akan dikirim ke Madura dan Jember yang sekali mengirim 6 kg. "Untuk 1 kg sabu yang berhasil dikirimnya mendapat upah Rp. 1 juta," pungkasnya. **

Editor : H. Eddy D