Senin, 6 Desember 2021 | 18:08 WIB

Irigasi Cipanas Kab. Indramayu Debit Air di Atasnya Jadi Masalah

foto

Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau langsung Daerah Irigasi Cipanas di Desa Jatimungkul , Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Senin, (11/10/2021).

INDRAMAYU, indoartnews.com ~ Komisi IV DPRD Jawa Barat meninjau lokasi irigasi Cipanas di Desa Jatimunggul Kabupaten Indramayu yang berada di bawah pengelolaan UPTD PSDA wilayah sungai Cimanuk-Cisanggarung yang dapat mengairi lahan seluas 2.850 Ha yang merupakan kewenangan Provinsi. 

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady mengatakan, hal itu saat meninjau daerah tersebut yang bersinggungan dengan wilayah kewenangan BBWS.

"Debit air di atasnya justru kurang yang mengganggu debit air ke bawahnya makin berkurang pula," ucap Daddy di Kab. Indramayu, Senin (11/10-2021).

Ia menyebutkan gangguan ini hanya bisa mengairi lahan seluas 250 Ha. Sedang irigasi Cipanas memiliki 8 saluran sekunder sehingga gangguan ini hanya satu dari 3 musim yang bisa 100% terairi. Sisanya hanya bisa 50%.

Selanjutnya, katanya, Komisi IV akan merekomendasikan untuk penggalian sedimentasi. Karena itu, akan menggerus debit air yang ada sehingga ke depannya ia akan melakukan rapat koordinasi dengan BBWS dan Dinas PSDA untuk penanganan lebih lanjut, pungkas Daddy. **