Senin, 6 Desember 2021 | 18:33 WIB

Ditreskrimum Polda Jatim Ungkap Penggelapan 7 Kg Batangan Emas

foto

Ditreskrimum Polda Jatim berhasil menangkap DJ dan SB dalam kasus penggelapan dan penadahan 7 Kg emas.

SURABAYA, indoartnews.com ~ Ditreskrimum Polda Jawa Timur berhasil mengungkap kasus penggelapan 7 kg emas batangan bernilai Rp 6 miliar yang dilakukan karyawannya sendiri pada bulan Agustus 2021.

Keberhasilan Ditreskrimum ini mendapat acungan jempol dari Waka Polda Jatim, Brigjen Pol. Slamet yang aparatnya juga telah membekuk pelakunya berinisial DJ karyawan PT IGS dan penadahnya berinisial SB.

"Saya bangga atas kinerja Ditreskrimum yang telah berhasil mengungkap dan membekuk pelakunya yang telah merugikan perusahaan tempatnya tersangka bekerja, jelas Waka Polda Jatim, Jum'at (8/10/2021).

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli juga menyatakan, modus yang digunakan pelaku adalah membawa batangan emas yang hendak dimurnikan malah dibawa kabur.

"Pelaku ini, kata Kabid Humas, salah seorang kurir PT IGS yang bertugas mengambil emas batangan dari toko emas Sumber Baru di Pasar Atom Surabaya.

Namun di tengah perjalanan muncul niat jahat pelaku hingga membawa kabur emas batangan itu, bukan diserahkan kepada PT IGS tempat bekerja tersangka DJ melainkan dibawa ke penadah setelah batangannya dipecah-pecah.@ Merasa ada yang janggal pemilik toko emas Sumber Baru melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib.

Dari laporan itu, petugas Ditreskrimum mengejar pelakunya dan berhasil menangkap pelakunya yang juga karyawan PT IGS beserta menangkap penadahnya.

Dari hasil penangkapan itu, kata Kombes Pol Gatot Repli Handoko, petugas membekuk pelaku dan penadahnya beserta barang bukti 6 batang emas utuh dengan berat masing-masing 1,43 kg dan 1 batang emas yang sudah dipotong-potong serta uang hasil penjualan emas," pungkas Kabid Humas. 

Kini pelaku yang meringkuk di sela tahanan Polda Jatim dan dijerat dengan Pasal 374 dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.**

Editor : H. Eddy D