Senin, 6 Desember 2021 | 19:33 WIB

Panen 2 Ton Eco Enzyme di Posko Sektor 21 Citarum Harum

foto

Ken Zanindha

Dansektor 21 Citarum Harum Kol. Arm. Nursamsudin bersama jajarannya dan tim relawan Eco Enzyme panen eco enzyme sebanyak 2 ton lebih, Ahad (3/10/21).

CIMAHI, indoartnews.com ~ CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21 Kol. Arm. Nursamsudin saat memanen Eco Enzyme yang dibuat tim Satgas Sektor 21 Citarum Harum dengan 18 Subsektor bersama tim Doddy dari Eco Enzyme memuji hasilnya.

Menurut Dansektor 21 Eco Enzyme yang dibuat 4 bulan lalu, hari Ahad (3/10-2021) dipanen dengan hasilnya 2 ton lebih, dari 18 drum hasilnya sangat luar biasa. Wangi dengan 3,5 keasaman asam basa atau pHnya.

Disebutkannya, rencana ke depan ia dan Doddy akan menyalurkan produk Eco Enzyme ke masyarakat, untuk kepentingan alam dan siap mendukung program penyemprotan Eco Enzyme atau untuk pupuk dan lainnya. "Silahkan kerjasama dengan Sektor 21 selama produk itu masih tersedia," tegas Dansektor 21.

Kolonel Nursamsudin menjelaskan, pada panen ini setiap Dansubsektor membawa satu jerigen ke wilayah kerjanya sebagai buah karya mereka sendiri yang dimanfaatkan di wilayah kerjanya. Nanti bisa ditunjukan kepada masyarakat di sekitar Subsektor. "Ini lho karya saya selama 4 bulan amat bermanfaat," ucap Dansektor 21.

Kolonel Nursamsudin memberi keyakinan kegiatan ini akan berlanjut. Karena pada periode pertama sudah berhasil seperti yang telah ditunjukkan oleh tim Doddy yang secara visual bagus.

Sejalan dengan Dansektor 21, Doddy koordinator Eco Enzyme Bandung menyatakan, ini sesuatu yang menggembirakan.

Di Sektor 21, kata Doddy, sejak pertama telah membuat Eco Enzyme besar-besaran dan hasilnya hari ini sangat memuaskan. Enzimnya wangi, pHnya kecil. Bagus sekali. Jadi semua berhasil hari ini.

Selain itu, katanya, ia pun menunjukkan kebolehannya membuat nasi goreng yang membuat penikmatnya di Posko Cimahi memuji produk nasi goreng itu. Apa sebab? 

Doddy pun menunjukkan suatu pohon di Posko itu namanya daun Tiang Sun atau Suren. "Nah di sini banyak sekali daun xiang chun itu. Salah satu kegunaannya jika kita blender untuk membuat nasi goreng. Sedapnya luar biasa. Wangi sekali," jelas Doddy.

Ia pun memberi gambaran, tadi sudah disaksikan untuk membuat nasi goreng dan hasilnya luar biasa. "Tidak usah memakai bawang dan lainnya, cukup garam secukupnya dan merica saja rasanya luar biasa. Nah ini salah satu yang bermanfaat. Di alam sekitar ini masih ada tanaman yang bermanfaat bagi kita semua," pungkas Doddy.**

Editor : H. Eddy D