Senin, 6 Desember 2021 | 18:22 WIB

Di Posko Sektor 21, Kasdam III/Slw Tanam Bibit Pohon Produktif Jenis Durian

foto

Kasdam III/Siliwangi tanam pohon durian di area penghijauan Posko 21 Citarum Harum, Selasa (21/9/2021).

KOTA CIMAHI, indoartnews.com ~ Kasdam III/Slw, Brigjen TNI Darmono Susastro kunjungan kerja ke Posko dan pembibitan pohon Sektor 21 Kp. Cimenteng, Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi dan menanam bibit pohon produktif jenis durian di lokasi itu, Selasa (21/9-2021).

Kedatangan Kasdam III disambut Dansektor 21 Satgas Citarum Harum, Kol. Arm. Nursamsudin beserta jajarannya sekaligus menyampaikan laporan dan kondisi penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Disebutkan Dansektor 21, ini wujud pembangunan lingkungan yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Kasdam secara simbolis saat itu menanam bibit pohon produktif jenis durian di area penghijauan Posko Sektor 21. Posko ini sendiri merupakan area konservasi milik Pemkot Cimahi. Area ini menjadi sarana edukasi lingkungan dan paru-paru Kota bagi warga Kota Cimahi dan sekitarnya.

Usai penanaman bibit pohon itu, Kasdam didampingi Dansektor 21 berkeliling meninjau seluruh area mulai dari fasilitas prajurit, tempat aktivitas masyarakat seperti untuk jogging track, lapangan parkir, lokasi pembibitan pohon, taman bambu dan area camping.

Kasdam III Brigjen TNI Darmono Susastro, usai peninjauan menjelaskan, ia berkunjung ke Sektor 21 selain untuk melihat aktivitas anggota di sini, juga untuk melihat sejauh mana prestasi yang sudah dilakukan di saat pandemi dan kondisi wilayah.

Meski selama pandemi banyak rencana Satgas Citarum Harum terhenti atau tertunda, namun Kasdam memberi apresiasi atas semangat dan antusias Satgas Sektor 21 terhadap progres yang sudah dilaksanakan.

"Saya senang sekali melihat kawan-kawan di sini bekerja dengan baik, memiliki antusias walau cuaca tidak menentu. Dari hasil penglihatan saya ini ternyata kawan-kawan bekerja di sini. Saya pun melihat progresnya terutama upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dihadapkan dengan Program Citarum Harum," tegas Kasdam III.

Ditegaskannya, DAS Citarum memiliki nilai strategis bagi warga Jawa Barat, DKI Jakarta dan nasional sehubungan keberadaan DAS Citarum sebagai sumber air minum bagi warga Jawa Barat dan DKI Jakarta serta menjadi sumber energi listrik untuk Jawa dan Bali.

Selepas meninjau Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum, Kasdam pun meninjau pengerukan sedimentasi dan normalisasi sungai Cisangkuy.**

Editor : H. Eddy D