Rabu, 8 Desember 2021 | 00:29 WIB

Warga Bersama Satgas Sektor 21-11 Bangun Bak Sampah di Bantaran Sungai Cisangkan

foto

Elly Susanto

Warga RW 07 Sukamanah bersama Satgas Subsektor 11 Lagadar bergotong royong bahu membahu membangun bak sampah di bantaran sungai Cisangkan, Minggu (5/9/2021).

LAGADAR, indoartnews.com ~ Dengan bantuan Dansektor 21 berkolaborasi bersama perangkat Desa Lagadar, warga RW 07 Kampung Sukamanah mulai Ahad 5 September gotong royong membangun bak sampah di RW 07. Satgas Subsektor 11 Lagadar Serma Ahmad Jamroni menjelaskan, gotong royong melibatkan 25 warga untuk membangun bak sampah berukuran 10 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 1,5 meter. 

Bangunan bak sampah ini berada di lahan bantaran sungai Cisangkan dan sebagian lagi partisipasi salah seorang warga RW 07.

Serma Ahmad Jamroni, mengatakan, pembuatan bak sampah ini bergotong royong warga yang antusias sekali ingin memiliki bak sampah dan kali ini terwujud karena selama ini sampah berceceran dan menimbulkan bau menyengat, ujar Serma Ahmad Jamroni seraya mengutarakan, semoga bak sampah segera selesai. 

Sedangkan Pjs. Kepala Desa Lagadar Ade Muhi menyatakan rasa syukur berkat bantuan Dansektor 21 Kol. Arm. Nursamsudin kini mewujudkan bangunan bak sampah berkolaborasi dengan semua unsur warga di Desa Lagadar.

"Insya Allah kita bisa mewujudkan satu bangunan bak sampah walau sederhana namun bisa mengurangi permasalahan sampah, khususnya di RW07 ini," ucap Pjs. Kades Lagadar. 

Ia menegaskan, masalah sampah memang rumit, sulit pemecahannya. Sebab, Pemerintah Kabupaten pun sudah mengeluarkan program guna mengantisipasi masalah ini karena berbagai hal hasilnya belum tampak.

Kades Lagadar menyebutkan, di desanya sudah dibangun di beberapa titik di beberapa RW. Ia bersyukur untuk RW 07 ini warga gotong royong bersama Satgas Citarum Harum membangun bak sampah.

"Kami berterima kasih kepada Dansektor 21 Citarum Harum juga para Satgasnya yang ada di desa Lagadar dan segenap masyarakat semoga cepat bisa terwujud. Kini di RW 07 karena di RW lain terbentur lahan. 

Namun, kata Kades Ade Muhi, diharapkan jika bak sampah sudah selesai diharapkan ada bank sampah untuk memilah-milah sampah mana yang bisa jadi uang untuk pengelolanya agar pemeliharaannya lebih baik lagi.

Sementara itu Ketua RW 07 Cahyono, juga menyatakan terima kasih kepada Dansektor 21 beserta personelnya di Desa ini yang berinisiatif membangun bak sampah yang amat bermanfaat bagi warga. 

"Kami atas nama warga RW 07 mengucapkan terima kasih kepada Dansektor 21 yang telah memberi dukungan kepada warga RW 07 mulai dari pengadaan material hingga personel Satgas di Desa Lagadar untuk mewujudkan pembangunan bak sampah ini, " ucap Ketua RW 07, Cahyono. **

Editor : H. Eddy D