Selasa, 21 September 2021 | 19:09 WIB

Empat Sekawan Siswi SMA 3 Sumedang Kompak Ikuti Vaksinasi

foto

Elly Susanto

Dari kiri ke kanan : Salsabila, Anggi, Riani dan Velly merupakan Empat Sekawan siswi SMA Negeri 3 Sumedang.

indoartnews.com ~ Empat sekawan siswi SMA Negeri 3 Sumedang, sama-sama berusia 15 tahun kelas 10 dan kompak bersahabat sejak Sekolah Dasar mengikuti vaksinasi yang diadakan oleh TNI AL untuk Serbuan Vaksinasi secara Nasional di seluruh Indonesia, di antaranya di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tadjimalela Jl. Pangeran Sugih Sumedang pada 2 Agustus 2021. 

Mereka sukacita mengikuti vaksinasi tahap pertama vaksinasi ini bersama warga lainnya. Terutama karena mereka bisa berkumpul lagi setelah hampir 2 tahun jarang bertatap wajah akibat pandemi Covid-19.

Keempat sahabat karib itu, Anggi Setiani warga Jl. Cipadung Kelurahan Kota Kaler Kec. Sumedang Utara, Salsabila Maudiyah warga Jl. Sebelas April Tegalkalong, Riani Nurul Delawan di Jl. Cipadung dan Velly Yudi Sevianti Jl. Talun Kidul, Kabupaten Sumedang.

Kepada indoartnews.com Anggi menyebutkan, ia dan ke-3 sahabatnya mengikuti serbuan vaksinasi ini atas kesadaran mereka karena secara nasional termasuk di daerahnya banyak korban akibat Covid-19 ini. "Kami ingin sehat dan terhindar dari Covid-19. Intinya, ingin menjaga dan memiliki herd immunity/kekebalan guna tidak mudah terpapar Covid," tegas Anggi.

Anggi pun mengeluarkan angan-angannya. Pandemi ini memberi pelajaran dan pengajaran lain yang bermanfaat bagi manusia, antara lain kesehatan dan kebersihan.

Walau pun di sisi lain terjadi kejenuhan sebab di masa pandemi ini mereka belajar dalam jarak jauh/virtual. Kerinduan terhadap pembelajaran tatap muka sungguh didambakan karena tatap muka lebih menumbuhkan silaturahim dengan para pengajar dan teman-teman serta suasana sekolah.

Selama pandemi, kegiatan Anggi di rumah membantu ibu memberesi rumah, olahraga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Begitu juga ketiga sahabatnya.

Anggi dan keluarga pun selalu menaati prokes. Jika mau ke luar seperti ke warung selalu memakai masker, tetap menjaga jarak jika keluar rumah dan berhubungan dengan tetangga. Selalu mencuci tangan di air yang mengalir. "Tiga M selalu dipatuhi demikian pula selalu lebih menjaga kebersihan.

Karena kejenuhan selalu berada di rumah, Anggi bersama 3 sahabatnya berharap Covid-19 segera pergi dari muka bumi ini. "Kami ingin seperti dulu lagi akrab dengan teman, ramah dengan guru," tegas Anggi. 

Senada dengan Anggi, juga Salsabila Maudiah dan 2 sahabatnya, mengambil hikmah dari pandemi ini. "Dulu sebelum pandemi, kata Salsabila, saya dan keluarga jarang ngumpul. Kini sering ngumpul. Malah jadi rajin shalat dan rajin berdoa. Karena itu kami, khususnya berempat berharap pandemi Covid-19 segera lenyap agar bisa berkumpul lagi bersama teman di sekolah".

Keempat sahabat kental ini menyatakan rasa kangennya ingin bersua dan bercengkrama dengan teman-teman sekolah. "Sebab, belajar di rumah secara daring lebih pusing, ribet dan rumit. Jika bertatap muka langsung, belajar lebih enak, lebih jelas materinya," kata Anggi dan Salsabila.

Mereka pun siap mengikuti vaksinasi ke-2 di tempat yang sama pada 30 Agustus 2021 yang diselenggarakan oleh TNI AL ini.

Serbuan vaksin hari Senin (2/8-2021) diikuti 2000 warga Kab. Sumedang dan kepada warga yang sudah divaksin diberi sembako oleh TNI AL Peduli.

Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono mengerahkan seluruh personel tenaga medis di TNI AL melaksanakan vaksinasi secara nasional yang juga melibatkan satuan-satuan dan seluruh Pangkalan TNI AL (Lanal) di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.**

Editor : H. Eddy D