Selasa, 21 September 2021 | 17:20 WIB

Satgas Sektor 21-18 Pangalengan Bersihkan Tanaman Liar Penghambat Aliran Sungai

foto

Administrator

PANGALENGAN, indoartnews.com ~ Kondisi aliran sungai di Pangalengan terutama yang berada di wilayah perkebunan dan menjadi tempat munculnya beberapa mata air sering terhalang oleh tanaman-tanaman liar serta pohon bambu yang tumbang.

Dalam rangka menjaga aliran sungai tetap lancar dan nantinya bisa membersihkan aliran sungai yang berada di bawahnya, Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 18 Pangalengan telah melakukan pembersihan aliran anak sungai Cisangkuy pada Senin (02/08/2021).

Serma Ajang selaku anggota satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 18 Pangalengan dalam keterangannya mengungkapkan, hari itu bersama beberapa anggota satgas dan tim pelopor kebersihan, membersihkan aliran anak sungai Cisangkuy yang berada di wilayah Kampung Cinghona RT 01 RW 19 Desa Pangalengan Kecamatan Pangalengan.

“Kami melaksanakan pembersihan di anak sungai Cisangkuy usai apel pagi pada pukul 07.30 Wib. Satgas dan Tim pelopor kebersihan membabat tanaman liar yang ada di bantaran sungai serta mengangkat pohon-pohon bambu yang tumbang agar aliran sungai ke bawahnya lancar,” terang Serma Ajang.

Serma Ajang juga menjelaskan, dalam giat pembersihan sungai sepanjang 100 meter dengan lebar 5 meter ini terangkat sampah non organik seberat 70 Kg. Kegiatan dilanjut dengan patroli ke beberapa wilayah sungai dan terpantau kondisi aman.

Pada pukul 13.30 Wib. Satgas melaksanakan kegiatan komunikasi sosial (komsos) kepada warga di Kecamatan Pangalengan serta menghimbau agar memperhatikan lingkungan dan berpola hidup sehat serta tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai.

Komsos dilaksanakan dengan beberapa warga Yaitu Tini dan Euis di Kampung Karamat RT 03 RW 09 Desa Margamekar, Ayi dan Dadan Kampung Sukana RT 03 RW 04 Desa Margmulya serta Ison dan Badau di Kampung Parki Rt. 02 Rw.03 Desa Pangalengan.

Kepada warga, Satgas pun tetap mengingatkan agar selalu ikuti prokes dalam situasi wabah Covid -19 dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak.**