Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:15 WIB

Harga Sembako di Wilayah KPPU III Stabil Saat PPKM Darurat dan Jelang Idul Adha

foto

Elly Susanto

Harga sembako di pada masa PPKM dan jelang hari raya Idul Adha cukup stabil seperti di pasar Cicadas Bandung, Jabar, Senin 19/7).

JAKARTA, indoartnews.com ~ Kepala Kanwil III KPPU, Aru Armando menyatakan, harga sembilan bahan pokok (Sembako) pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3-20 Juli 2021 di wilayah kerjanya yang meliputi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Provinsi Banten terpantau stabil.

Penjelasan Aru Armando ini dikemukakan setelah KPPU III Bandung memantau ketersediaan pasokan hingga harga untuk periode 1-16 Juli 2021 di masa PPKM Darurat dan jelang hari raya Idul Adha.

Kanwil III KPPU memantau harga sembako seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai, minyak goreng dan gula pasir.

"Alhamdulillah, ucap Aru, harga pangan pada masa PPKM Darurat dan menjelang hari Idul Qurban stabil," ujar Aru seraya menambahkan, meski ada komoditas yang naik, ada juga yang turun.

Kepala Kanwil III KPPU, Aru Armando

Contohnya, cabai rawit merah naik dari Rp. 61.000 ke Rp. 68.500 per kg. Beberapa komoditas lainnya turun. Misalnya, di DKI Jakarta harga daging ayam turun dari Rp. 34.500 ke Rp. 32.900 per kg, telur ayam dari Rp. 24.150 ke Rp. 23.150. Daging ayam di Jabar turun dari Rp. 32.700 ke Rp. 31.300.

Komoditas lainnya, kata Aru, beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng dan gula pasir di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat tampak stabil.

Kondisi ini, kata Aru, patut disyukuri. Karena saat masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, harga pangan stabil.

"Sebenarnya sektor pangan ini awalnya membuat kami khawatir. Takut menambah beban masyarakat di masa sulit ini. Alhamdulillah kondisi sembako di wilayah Kanwil III KPPU ini stabil dan pihaknya akan terus memantau sektor pangan ini," pungkas Aru.**

Editor : H. Eddy D