Selasa, 21 September 2021 | 19:11 WIB

Kebersihan Sungai dan lingkungan Tetap jadi fokus Garapan Satgas Sektor 21-05 Cikapundung

foto

Sungai Cikapundung sebelum dan sesudah dibersihkan Satgas dan Tim Pelopor Subsektor 05 Cikapundung, Selasa (5/7).

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Masalah sampah di wilayah Subsektor 05 Cikapundung tampak semakin berkurang. Sebab, masalah kebersihan sungai dan bantarannya masih dalam garapan Satgas Citarum Harum Sektor 21. Kebersihan sungai dan lingkungannya tetap jadi fokus garapan Satgas. 

Satgas Subsektor 05 Cikapundung Serma Dadang Hermawan menjelaskan, aktivitas itu dilaksanakan Senin (5/7-2021) dengan personel 8 anggota TNI dan 7 anggota pelopor kebersihan/Gober membersihkan bantaran sungai Cikapundung di Kp/Desa Lengkong Kec. Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Pembersihan itu, kata Satgas Subsektor 05, dalam area sepanjang 100 meter lebar 4 meter hanya mengangkat 28 kg sampah. Sampah itu disimpan di bak sampah dan dibakar jika sudah kering. "Jika dilihat dari jumlah sampah cuma 28 Kg, itu berarti warga sudah tidak buang sampah sembarangan," ucap Serma Dadang.

Aktivitas selanjutnya, Satgas melaksanakan patroli limbah di sungai Cigede Kp. Mengger Hilir Desa Sukapura Kec. Dayeuhkolot dan kondisi sungai bersih, bebas dari sampah.

Selanjutnya, Satgas melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya memelihara dan menjaga kebersihan sungai dan lingkungannya.

Upayanya, kata Serma Dadang, dilakukan melalui warga Sukarya dkk dan Ny. Tati Sumiati dkk seraya mengingatkan jangan membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai.

Selain itu, Satgas pun mengingatkan dalam masa pandemi Covid-19 ini warga harus tetap menaati protokol kesehatan dalam mewujudkan memakai masker, mencuci tangan selalu dan menjaga jarak dalam setiap kegiatan.**

Editor : H. Eddy D