Selasa, 21 September 2021 | 17:57 WIB

Satgas Subsektor 02 Cileunyi Cek IPAL PT Ikafood Sesuai Baku Mutu DLH

foto

Elly Susanto

Satgas Sektor 21 Subsektor 02 saat mengecek IPAL PT Ikafood Putramas di Jl. Panyawungan, Minggu (4/7).

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Satgas Subsektor 03 Cileunyi, rutin berpatroli sungai dan mengecek kondisi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pabrik-pabrik di wilayah Cileunyi, seperti yang dilaksanakan pada Minggu pagi (4/7-2021) ke PT Ikafood Putramas di Jl. Panyawungan Cileunyi.

Dalam pengecekan IPAL pabrik itu, kata Satgas Subsektor 02, Peltu Eri Susatio, Satgas tidak mendapati pelanggaran. PT Ikafood tetap memelihara IPALnya sehingga air limbah yang dibuang bening. Buktinya, ikan bisa hidup normal di outlet.

"Jadi air yang sudah diolah di IPAL, kata Peltu Eri Susatio, sudah layak dibuang ke saluran pembuangan akhir, dalam artian ke masyarakat karena airnya bagus dan layak".

Namun untuk itu, katanya, Satgas tetap berpatroli ke pabrik-pabrik di wilayah Subsektor 02 Cileunyi. Pengecekan langsung ke pabriknya, terkait limbahnya.

"PT Ikafood seperti yang kita lihat, air IPALnya jernih dan bersih sehingga ikan pun hidup di outlet, akhir pembuangan dan aman bagi warga.

Peltu Eri menjelaskan, patroli malam tetap dilaksanakan untuk memastikan pabrik melalui IPALnya membuang air limbahnya sesuai dengan baku mutu dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satgas Citarum Harum.

Penjelasan Satgas Subsektor 02 selaras dengan pendapat Ilham Ari sebagai Supervisor Lingkungan PT Ikafood menyebutkan, pengolahan di IPAL tetap diupayakan sesuai baku mutu DLH.

Ilham Ari menjelaskan, Satgas sendiri rutin mengecek ke sini dan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan manajemen. "Kita tetap bekerjasama dan tetap berkomitmen untuk memelihara IPAL dengan baik," ucap Ilham.

Menurut Ilham, walau dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kondisi IPAL dan lingkungan harus tetap dilaksanakan selagi pabrik masih berjalan.**

Editor : H. Eddy D