Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:42 WIB

Warga Kampung Babakan Ciamis di Subsektor 05 Minim Membuang Sampah ke Sungai

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ Warga di kampung Babakan Ciamis Desa Sukapura Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung sangat minim membuang sampah ke sungai dan bantarannya.

Ini terlihat ketika Satgas Subsektor 05 Cikapundung, Senin (14/11/2021) dengan jumlah personil 8 anggota TNI dan 7 Gober membersihkan bantaran sungai Cikapundung.

Menurut Satgas Subsektor 05 Cikapundung, Serma Dadang Hermawan, Satgas saat pembersihan itu, di area bantaran sepanjang 120 meter dan lebar 4 meter hanya mengangkat 35 kg sampah dan 4 kg sampah plastik.

Semua sampah itu, kata Serma Dadang, dikumpulkan di bak sampah dan jika sudah kering langsung dibakar, hingga kondisi lingkungan bersih.

Untuk memastikan bersihnya sungai, bantarannya dan lingkungan, Satgas melaksanakan patroli limbah di sungai Sekegoong di kampung Mengger Desa Sukapura dan tampak kondisinya bersih dari sampah.

Dilanjutkan dengan komunikasi sosial kepada masyarakat sekitar kampung Manggadua melalui Mulyana, Asep Nurdin dan beberapa warga lainnya. Kepada warga, Satgas mengingatkan jangan membuang sampah ke sungai.

Kepada warga pun, kata Serma Dadang, dihimbau pula hendaknya selalu menaati protokol kesehatan dan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).**

Editor : H. Eddy D