Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:17 WIB

Warga RW 13 Desa Manggungharja Sehat Patuhi Aturan Covid-19

foto

Ayi Rohaeni, Ketua RW 13 kampung Depok, Desa Manggungharja.

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes), mengerti dan memahami bahaya Covid-19, warga Rukun Warga (RW) 13 kampung Depok Desa Manggungharja Kec. Ciparay Kab. Bandung tetap sehat dan selamat. Alhamdulillah pula, warga tidak ada yang mudik.

Ketua RW 13, Ayi Rohaeni menjelaskan, pada saat Lebaran 2021, tidak ada seorang pun warganya yang mudik. Ini karena setiap hari pihaknya selalu menanamkan bahayanya penularan Covid-19. Apalagi dirinya selalu konsultasi dengan Gugus Tugas Covid-19 tingkat Desa, tenaga kesehatan (nakes) dan dengan Babinsa yang selalu keliling kampung.

"Hasil konsultasi itu, kata Ayi Rohaeni disampaikan kembali kepada warga kami sehingga mereka pun memahami bahayanya Covid-19," ujar Ayi Rohaeni saat wawancara dengan "indoartnews.com" beberapa hari lalu di rumahnya.

Kepada warga pun, kata Ayi, ditekankan, jika ada kerabat pasca Lebaran dari beda desa atau beda kecamatan berkunjung agar tidak bersentuhan dulu, selalu jaga jarak. 

Demikian pula, kata Ayi yang selalu keliling menghimbau, kebiasaan silaturahim sesama warga juga jangan langsung bersentuhan. Jaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Ayi Rohaeni juga mengarahkan, keluarga di RW ini ada juga yang bekerja di Jakarta, Tangerang atau kota lainnya walau tidak banyak, jika pulang jangan dulu masuk rumah sebelum pakaiannya dibuka, cuci tangan dan mandi dulu.

Hal itu semua, kata Ayi, dikomunikasikan dulu kepada satgas desa yang selalu mengontrol, terutama Babinsa. Alhamdulillah, semua berjalan beres dan aman.

Ia pun menyebutkan beberapa bulan lalu ada 3 warganya yang terpapar Covid-19. Salah seorang di antaranya adalah tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Kota Bandung.

"Dua hari sekali saya pantau lewat Whatsapp mengenai kondisinya. Satgas dan bidan desa pun memantaunya. Saya sendiri suka tanya persediaan makanan dan mereka menyatakan masih ada di kulkas. Kami pun tidak khawatir. Demikian pula kami pantau tiap pagi. Mereka mengatakan sedang berjemur.**

Editor : H. Eddy D