Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:06 WIB

Pansus II Konsultasikan TPPAS Legoknangka ke Kementerian PPN

foto

Pimpinan dan Anggota Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat saat peninjauan ke Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) Kota Cimahi. (Foto : Humas DPRD Jabar

DKI JAKARTA, indoartnews.com ~ Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdy Yuhana menyatakan, Pansus II ini berkonsultasi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN/Bappenas) di Jakarta, Kamis (3/6-2021) untuk membahas penyusunan kerjasama pemanfaatan TPPAS Regional Legoknangka.

Abdy Yuhana menyatakan, sebagai salah satu proyek strategis nasional TPPAS Regional Legoknangka, hadir sebagai upaya untuk menanggulangi permasalahan sampah di 6 Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Ke 6 Pemerintah Kota/Kabupaten itu adalah Kota/Kabupaten Bandung, Kab. Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi, Kab. Sumrdang dan Kab. Garut.

"TPPAS Regional Legoknangka ini merupakan proyek strategis nasional dalam upaya menanggulangi sampah, khususnya di wilayah Bandung Raya dan harus berbasis PSEL, " ucapnya.

Setelah konsultasi dengan Bappenas, kata Abdy Yuhana, pihaknya menemukan titik temu bahwasannya dengan konsep Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dimungkinkan masih bisa open tecknologi. Artinya, masih terbuka ruang bagi teknologi yang lain untuk bisa difungsikan di TPPAS Regional Legoknangka ini dan tidak menyalahi aturan yang sudah ada, " katanya.

Setelah melakukan konsultasi dengan Kementerian PPN/Bappenas, Pansus II akan segera berkomunikasi lanjutan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah terkait rencana pengoperasian TPPAS Regional Legoknangka. **