Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:53 WIB

Akibat Tanggul Jebol Banjir Terjang Ratusan Rumah Warga Desa Panyadap

foto

Elly Susanto

BPKD, tim relawan bersama Satgas Citarum Harum terjun membantu warga bersihkan air yang menggenang di rumah-rumah warga kampung Bojongkeusik, desa Panyadap, Kamis (3/6).

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Akibat hujan dengan intensitas tinggi pada 2 Juni 2021, Kampung Bojongkeusik Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk wilayah Sektor 21 Subsektor 17 Solokanjeruk merendam 2 RW dan 500 Kepala Keluarga (KK) dengan 1.762 jiwa terdampak.

Satgas Subsektor 17, Serma Agus Sumarna menjelaskan, dengan kapasitas curah hujan tinggi, tanggul pun jebol dan untuk itu akan menormalisasi sungai dengan membangun tanggul permanen.

Guna mengatasi jebolnya tanggul, Satgas bersama Balai Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), relawan dan warga setempat, Kamis pagi (3/6-2021) membuat tanggul sementara dengan menggunakan karung berisi pasir dan tanah.

"Kami personal Satgas Citarum Harum Subsektor 17 langsung terjun membantu warga membuat tanggul sementara dari materialnya bambu dan pasir dalam karung," ujar Serma Agus Sumarna saat ditemui di lokasi banjir.

Bupati Bandung, Dadang Sumarna meninjau langsung proses pembersihan dan pemasangan tanggul seraya berjanji akan menormalisasi sungai dengan memasang secepatnya tanggul permanen. Selain itu, akan didirikan juga tempat pengungsian bagi warga yang terdampak.**