Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:38 WIB

Satgas Sektor 21-05 Cikapundung Bersihkan Bantaran Sungai di Desa Sukapura

foto

Pinggiran sungai Cikapundung sebelum dan sesudah dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 05, Selasa (1/6/2021).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Persoalan sampah masih tetap jadi garapan Satgas Sektor 21 Citarum Harum Subsektor 05 Cikapundung. Kegiatan berlangsung di bantaran sungai Cikapundung di Kp/Desa Sukapura Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung.

Menurut Satgas Subsektor 05, Serma Dadang Hermawan, aktivitas Satgas melanjutkan pembersihan bantaran sungai Cikapundung di Kp. Sukapura dengan area yang dikerjakan panjang 100 meter dan lebar 4 meter, Selasa (1/6/2021).

Dari area seluas itu, kata Serma Dadang, Satgas berhasil mengangkat 35 kg sampah dan 3 kg sampah plastik. "Semua sampah kami masukkan ke bak sampah dan jika sudah kering segera kita bakar," ucap Serma Dadang.

Satgas pun tetap mengadakan patroli guna mengecek jika ada sampah atau limbah di sungai Cigede di wilayah Kp. Mengger Desa Sukapura. Hasilnya, kondisi sungai bersih dari sampah mau pun limbah.

"Lumayan lah sekarang ini, kata Serma Dadang, sampah mulai berkurang, baik di bantaran mau pun di aliran sungai. Ini rupanya hasil dari upaya sosialisasi dan komunikasi sosial kepada masyarakat", katanya.

Karena itu, sosialisasi dan komunikasi sosial tetap dilaksanakan dengan warga sekitar Kp/Desa Sukapura melalui warganya, yaitu Ny. Yuli dan beberapa dan Asep.

Kepada warga, Satgas yang beranggota 8 TNI dan 7 orang Gober/pelopor kebersihan menjelaskan pentingnya memelihara kebersihan dengan tidak membuang sampah dan kotoran ke sungai.

Selain itu, katanya, dalam masa pandemi Covid 19, warga hendaknya selalu menaati protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan selalu menjaga jarak (3M).**

Editor : H. Eddy D