Kamis, 17 Juni 2021 | 07:18 WIB

Kadus Kp. Rancaoray : Satgas Citarum Harum Lestarikan Sungai Hingga Manfaat bagi Warga

foto

Ken Zanindha

Asep Sobari (kanan) bersama Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 04, Pelda Yahuza.

KAB. BANDUNG, indoartnews com ~ Kepala Dusun di Kp. Rancaoray Desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Asep Sobari (51) berterima kasih kepada Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 04 Cidurian yang dengan gigih tanpa mengenal lelah membantu masyarakat melestarikan sungai hingga bersih dan dapat bermanfaat.

Apresiasi Kepala Dusun Asep Sobari ini dikemukakan kepada "indoartnews.com" beberapa waktu lalu di bantaran sungai Cidurian.

Asep menyebutkan, selama ini ia selalu menghimbau warganya untuk memilah-milah sampah buangan dan sampah yang dapat memiliki manfaat secara ekonomi. Yang tidak bermanfaat dikumpulkan di bak sampah dan jika sudah kering dibakar. 

Asep menyatakan, pemilahan sampah ini dibantu Satgas Citarum Harum. "Alhamdulillah, hingga kini tetap berjalan dengan program pemilahan sampah ini dan program penarikan sampah pun sebulan 2 kali termasuk di kampung yang saya pimpin, Rancaoray masih tetap berjalan," kata Asep.

Berkat sering sosialisasi kepada warga bersama Satgas, hampir 50% tidak lagi membuang sampah ke sungai dan 50% lagi membuang sampah di lahan kosong milik warga dengan himbauan bersama Satgas Subsektor 04 Pelda Yahuza agar pemilik lahannya memagarnya. Sebab, selain warga, ada juga orang luar desa Buahbatu membuang sampah di pinggir jalan ini.

Ia selama ini selalu membantu Kepala Desa Buahbatu (Alm) Asep Supriatna sosialisasi tentang kebersihan lingkungan khususnya di dusun wilayahnya.

Asep Sobari juga menyatakan rasa syukurnya karena dengan penanaman pohon oleh Bupati Bandung bersama Dansektor 21, tokoh-tokoh masyarakat beserta Ormas BBC amat bermanfaat bagi warga untuk menahan erosi dan cuaca ekstrim seperti puting beliung dapat tertahan karena rindang pohon, tidak langsung menerpa rumah warga.

Asep Sobari menyatakan, untuk pemeliharaan pohon penghijauan ini sudah ada tim pelaksana yang dibentuk Desa. "Kami bersama BBC juga bertanggung jawab untuk pemeliharaan penghijauan tersebut," ucap Asep pula.

"Saya putra daerah, lahir dan mengabdi di desa Buahbatu dari tahun 1989 hingga kini. Melihat kondisi sekarang, kata Asep Sobari, setelah ditinggal almarhum pa Kades Asep Supriatna, program Pak Kades akan saya kawal terus, " tegasnya.

Asep berterima kasih kepada Satgas Sektor 21 Subsektor 04 Cidurian dan semoga amal baik Dansektor 21 Kol. Arm. Nursamsudin beserta Satgas Subsektor 04, Pelda Yahuza dan semuanya personelnya dicatat oleh Allah SWT.**

Editor : H. Eddy D