Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:50 WIB

Warga Desa Dampit Terima Bantuan SPALDT Citarum Harum

foto

Elly Susanto

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Masyarakat Desa Dampit Kec. Cicalengka Kab. Bandung mendapat bantuan pembangunan satu unit sarana sanitasi masyarakat (Sanimas) Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALDT-Septictank komunal) dari program Citarum Harum tahun anggaran 2021.

Kepala Dusun II Desa Dampit, Dadang Sumantri (51), Selasa (18/5-2021) menyatakan rasa syukurnya atas dibangunnya sarana penampungan limbah domestik bantuan program Citarum Harum.

Lokasi pembangunannya di Kp. Tokiang RW 03 tepat di samping parit Lajogo dan menggunakan lahan yang berasal dari hibah Kepala Desa.

Desa Dampit merupakan kawasan hulu yang dilintasi aliran sungai yang berasal dari Kareumbi Curug Cinulang yang bermuara ke sungai Cibodas, anak sungai Citarum.

Dijelaskan Dadang, ada memang warganya yang memiliki septictank sendiri namun nantinya banyak pula yang akan menggunakan septictank umum ini.

Rencananya, kata Dadang, keberadaan sanimas SPALDT Citarum Harum di Kp. Tokiang ini akan mengintegrasikan sekitar 90 sambungan rumah dan MCK yang dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Karya Nyata.

Sementara, Ketua KSM Karya Nyata, Hendrik Sopian didampingi Tenaga Fasilitator (TFL) Gilang Widi mengatakan, dari hasil rembugan ia ditunjuk menjadi Ketua KSM nya.

"Berdasar hasil rembugan saya dipercaya menjadi Ketua pembangunan sanimas di Kp. Tokiang, " kata Hendrik Sopian.

"Jarak terjauh dari rumah yang akan diintegrasikan dari lokasi sanimas sekitar 200 meter dengan 90 sambungan rumah termasuk MCK yang akan masuk ke IPAL domestik ini," jelasnya.

Selaku warga, Hendrik mengapresiasi kehadiran anggota Satgas Citarum Harum yang selama ini selalu membantu. "Dengan keberadaan Satgas Citarum Harum kami sangat terbantu. Patut diacungi jempol. Selalu membantu KSM mengatasi hal-hal teknis mau pun non teknis demi kelancaran pembangunan sanimas dan Satgas selalu bersama-sama dengan TFL PUPR," ujarnya.

Sementara, Dansubsektor 16, Serma Syamsudin menjelaskan, di wilayah tugasnya ada 11 titik pembangunan Sanimas SPALDT dan Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TP3SR) dalam percepatan Citarum Harum.

"Kami berterimakasih kepada Pemerintah juga pemerintah desa dan masyarakat yang menyambut antusias dan mendukung pembangunan sarana sanimas dan TPS3R di 5 titik yang meliputi Kec. Cicalengka, Cikancung dan Kec. Nagreg, ucap Serma Samsudin.

"Harapan kami dengan dibangunnya sarana Sanimas dan TPS3R bisa menekan pencemaran sungai yang berasal dari limbah domestik dan sampah," ucapnya.

Ia memastikan, pembangunan sarana-sarana tersebut berjalan lancar dan tetap mengawasinya hingga beres. Karena, ini demi kepentingan masyarakat dan lingkungan. "Sehingga langkah koordinasi dan sosialisasi terus kami lakukan," pungkas Serma Syamsudin.**

Editor H. Eddy D