Minggu, 9 Mei 2021 | 01:51 WIB

DPRD Jabar Setujui Pemekaran Kab. Bogor Timur-Indramayu Barat

foto

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat gelar Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Calon Persiapan Daerah Otonomi Baru (CDPOB) Bogor Timur dan Indramayu Barat, Jumat, 16 April 2021. (Foto : Ariez-Budi-Fahmi/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, Bedi Budiman menegaskan, DPRD Jabar menyetujui usulan pemekaran Kab. Bogor Timur dan Kab. Indramayu Barat sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Daerah (CDPOB) di hadapan Rapat Paripurna, Jum'at (16/4-2021).

"Komisi I berpendapat, ke 2 daerah itu sangat layak disetujui Dewan bersama Gubernur Jawa Barat sebagai calon daerah persiapan otonomi baru, " kata Bedi Budiman.

Ditambahkan, meski moratorium masih belaku Pemerintah memberikan peluang kepada Daerah menyampaikan usulan pembentukan persiapan otonomi daerah disesuaikan dengan ketentuan undang-undang Nomor 23 tahun 2014.

Ia menjelaskan, daerah persiapan otonomi baru akan ditetapkan dengan peraturan pemerintah dan dievaluasi oleh pemerintah selama 3 tahun sebelum ditetapkan dengan undang-undang.

Persyaratan yang harus dipenuhi, kata Bedi, antara lain persyaratan dasar terdiri dari persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas.

Kemudian persyaratan administrasi berupa keputusan musyawarah desa, persetujuan DPRD kabupaten induk dengan Bupati daerah induk dan persetujuan bersama DPRD Jabar dengan Gubernur yang mencakup daerah persiapan kabupaten yang akan dibentuk.

Dalam proses pelaksanaan tugasnya, kata Bedi, Komisi I telah melaksanakan rapat kerja dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, para tokoh masyarakat, konsultasi dengan para akademisi dan disertai dengan kunjungan lapangan yang menghasilkan beberapa catatan penting.

Catatan itu, kata Bedi, digunakan pemenuhan kapasitas daerah sebagai dasar penanda tanganan persetujuan bersama pembentukan calon daerah otonomi baru antara DPRD dengan Gubernur Jabar.**

Editor : H. Eddy D