Minggu, 9 Mei 2021 | 02:36 WIB

Naik Harga Bahan Pokok di Cisalak Akibat Kurang Pasokan Komoditas

foto

Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat memantau perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Cisalak Kabupaten Subang, Selasa,14 April 2021. (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar).

KAB.SUBANG, indoartnews.com ~ Sari Sundari, anggota Komisi II DPRD Jawa Barat mengungkapkan, harga bahan pokok di Pasar Cisalak Subang mengalami kenaikan akibat kurangnya pasokan sejumlah kebutuhan bahan pokok pada menjelang bulan suci Ramadlan.

Keterangannya ini ia kemukakan seusai meninjau langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Rabu lalu (14/4-2021).

Sari Sundari menyebutkan, anggota Komisi II dalam peninjauan itu berdialog dengan para pedagang di pasar Cisalak dan mendapati kenaikan harga dibanding dengan beberapa pasar di daerah lain yang dikunjungi sebelumnya.

"Menurut para pedagang di sini, terjadinya kenaikan harga ini akibat kurangnya pasokan dan sebelum datangnya Ramadlan ternyata harga sudah mulai naik," ucap Sari.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya mendapatkan sejumlah masukan dari para pedagang yang menginginkan pemerintah segera melakukan upaya untuk menjaga stabilitas harga.

Upaya tersebut, kata Sari, tengah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jabar melalui Peraturan Daerah (Perda) Pusat Distribusi.

Ia menyebutkan, salah satu tujuan Perda tersebut guna menjamin ketersediaan, keseimbangan antara pasokan dan permintaan. Selain itu juga menjaga stabilitas harganya yang wajar dan terjangkau oleh masyarakat.

Ia juga berharap ketika Perda Pusat Distribusi Provinsi yang sudah dikeluarkan dalam kenyataannya bisa lebih menjaga keseimbangan harga di pasar.

"Bagi para pedagang pada bulan atau hari besar biasanya dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Tapi di sisi lain Pemerintah mempunyai tanggung jawab menjaga keseimbangan harga," pungkas Sari.**

Editor : H. Eddy D