Minggu, 9 Mei 2021 | 03:12 WIB

Penanaman Pohon di Sektor 21 ; Ormas BBC Berharap Bermanfaat dalam Mengayomi Masyarakat

foto

Elly Susanto

Komandan Pasukan Pengamanan (Dan Paspam) BBC Kab. Bandung, H. Asep Yudha.

BANDUNG, indoartnews.com ~ Ormas Buahbatu Bandung Club (BBC) sejak berdirinya ingin tetap bersama masyarakat. "Kami ingin bisa mengayomi masyarakat agar mereka tetap nyaman dan kami ingin berguna bagi masyarakat," kata H. Asep Yudha selaku Ketua RW 01 di Desa Buahbatu yang juga Komandan Pasukan Pengamanan (Dan Paspam) BBC Kab. Bandung.

Ia menjelaskannya usai penanaman bibit pohon bersama Bupati Terpilih, Dadang Supriatna, Dansektor 21 Kol. Arm. Nursamsudin, Ketua DPP BBC, Mugi Sujana, Kapolsek Bojongsoang Kompol Erwanto, Dansubsektor 03 Serka Hamdani, Dansubsektor 04 Pelda Yahuza dan Dansubsektor 05 Serka Dadang, Minggu 11/4/2021).

Ketua Harian BBC Snakers DPD Kab. Bandung Saeful Lukman beserta dua anggotanya Indra dan Remon yang mendampingi H. Asep Yudha saat diwawancara usai penanaman bibit pohon di bantaran sungai Cidurian.

Tentang penghijauan ini, H. Asep mengatakan, dirinya mengapresiasinya karena ia pun suka bertanam dan upaya itu merupakan hasil bersama karena kebersamaan itulah sebagai kekuatan.

Apalagi, katanya, Satgas Citarum Harum sejak lama sudah aktif membersihkan sungai dari sampah dan limbah serta lingkungannya. "Karena itu setiap ada kegiatan Citarum Harum kami ormas BBC khususnya BBC Snakers selalu ikut terjun membantu.

Ketua DPP Ormas BBC, Mugi Sujana saat menyambut Kedatangan Bupati Terpilih Dadang Supriatna di Desa Buahbatu, Kab. Bandung, Minggu (11/4).

Partisipasi lainnya, ucap H. Asep, dalam program Citarum Harum ini, pihaknya memberikan tempat untuk pembuatan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara tanpa memungut biaya dari warga. Ini karena dirinya sebagai kontraktor dan dekat dengan developer sering membantu terutama dalam pembuatan bak sampah bahu membahu dengan Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 04.

"Keberadaan Satgas Citarum Harum di RWnya sangat membantu kepentingan warga. Kami sangat mendukung eksistensi Citarum Harum dan hasil karyanya sungai dan lingkungannya bersih dan warga tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai.

Menyinggung penanaman bibit pohon, ia mewajibkan kepada warga menanam 1 bibit pohon di kiri-kanan bantaran sungai Cidurian dan untuk pemeliharaannya ia sendiri yang membiayainya dengan pemantauan yang ketat jika ada hewan yang memakannya.

Kepada pemilik hewan diwanti-wanti harus menjaga hewan peliharaannya jangan sampai merusak tanaman dan jika ada hewannya kedapatan merusaknya, pemilik hewan akan kena sanksi berupa teguran atau lainnya tapi bukan berupa uang.

Dari 2000 bibit pohon yang ditanam itu baru sebagian dan sisanya diselesaikan Senin (12/4-2021) dengan mengerjakan 10 orang dengan upah Rp. 100.000 per orang termasuk babad rumput di bantaran sungai bersama Satgas Citarum Harum.**

Editor : H. Eddy D