Minggu, 9 Mei 2021 | 02:58 WIB

Satgas Citarum Sektor 21 Citepus Dampingi Tim Asesmen PT Pakar IPAL Indonesia ke MCAB

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ PT Pakar IPAL Indonesia saat meninjau IPAL PT Mitra Citarum Air Biru (PT MCAB) selaku pengelola IPAL industri komunal pada 6 April 2021 tampak seperti kurang puas.

Peninjauan itu dilakukan untuk menindaklanjuti hasil pengecekan dan pertemuan antara Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 07 DLH Kab. Bandung dan manajemen PT MCAB.

Peninjauan ke PT MCAB itu yang diterima pengelolanya Dewi dan Etty menyangkut teknis, fasilitas dan sarana prasarananya, pada Kamis (8/4-2021). "Ya kami diminta mengkaji, analisa dan assesmen," kata Sakti Siregar dan Olin dari Pakar IPAL Indonesia.

Pengecekan dimulai dari fasilitas inlet hingga outlet, termasuk mesin-mesin yang dioperasikan. Asessmen ini dilakukan karena Satgas Citarum Harum beberapa hari lalu menemukan ada overflow dari PT MCAB yang melimpah ke aliran sungai Cisuminta.

Pakar IPAL Indonesia sempat geleng-geleng kepala menyaksikan kondisi IPAL PT MCAB akibat ada fasilitas dan sarana yang tidak berfungsi optimal antara lain dampak dari genangan banjir.

"Tentu analisa dan kajiannya akan kami buat dan dilaporkan dengan harapan pengelolaan limbah di PT MCAB ini kelak hasilnya dapat lebih maksimal, ujar Sakti Siregar.

Pada kesempatan itu, Olin pun menegaskan, untuk kegiatan asessmen ini tidak memungut bjaya karena dalam kegiatan ini menggunakan dana CSR lembaganya.

Pengelola PT MCAB melalui Dewi dan Etty berterima kasih dan apresiasi atas peninjauan PT Pakar IPAL Indonesia beserta asessmen yang diberikan. "Terima kasih atas masukan bermanfaat bagi PT MCAB sehingga kelak akan semakin baik," pungkasnya.**

Editor : H. Eddy D