Minggu, 18 April 2021 | 21:38 WIB

Adanya Satgas Citarum Harum di Wilayah Cileunyi Sungai & Lingkungan Jadi Bersih

foto

Elly Susanto

Yaya (baju biru) selalu hadir bersama Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02 dalam setiap kegiatan di tengah masyarakat Cileunyi.

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Yaya (50) warga Kp. Pasantren dan Ade (58) warga Kp. Bojongloa Desa Bojongloa Kec. Rancaekek Kab. Bandung keduanya anggota Gober bersama warga lainnya bersyukur dengan kehadiran TNI dalam Satgas Citarum Harum sehingga sungai dan lingkungan menjadi bersih.

Yaya yang disertai Ade sama-sama anggota Gober, saat ditemui indoartnews.com beberapa waktu lalu menjelaskan anggota Gober di Desanya ada 7 orang termasuk dirinya dan Ade.

Mereka bersama warga lainnya menyatakan rasa syukur dan terima kasih karena sungai dan lingkungan menjadi bersih sejak kehadiran Satgas Citarum Harum.

Yaya mengatakan, sudah 3 tahun bergabung dengan Satgas Citarum Harum, khususnya di Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi dikomandani Pelda Bernando Cavio dan anggotanya seperti Serka Tohir, Serka Asep, Sertu Ade dan juga Satgas lainnya dirinya   selalu ikut membersihkan sungai dari sampah serta ikut patroli sungai dan komunikasi sosial.

Demikian pula, kata Yaya, jika di tiap RW ada karya bakti, ia pun selalu ikut bergabung. "Karena kebersihan sungai dan lingkungan juga menjadi kewajiban Gober," ucapnya.

Ia mengungkapkan, selama bergabung dengan Satgas, tidak ada beban apa-apa kecuali senang bisa bergabung dengan TNI. Warga di sini dengan kehadiran TNI dalam Citarum Harum, sungai dan lingkungan jadi bersih.

"Setiap hari saya membersihkan sungai jangan sampah ada sampah yang tersangkut. Begitu pula jika warga libur mereka pun turut membantu bersih-bersih sungai bersama Satgas.

Kesadaran warga dengan kehadiran TNI muncul sehingga tidak lagi membuang sampah ke sungai. Ini karena, kata Yaya, semua anggota Satgas sudah manunggal dengan rakyat. "Jadi jika Satgas turun bersih-bersih sungai, warga pun tanpa dikomando turun membantu," tukas Yaya.

Namun ia pun tidak menampik jika masih ada yang membuang sampah ke sungai dan Gober hanya mengingatkan saja dan ternyata sekarang ini warga sudah memahami tugas-tugas Citarum Harum.**