Minggu, 18 April 2021 | 22:41 WIB

Gelar Raker Perdana : PPGC Jabar Bertekad Membangun Indonesia Bersama

foto

Elly Susanto

BANDUNG, indoartnews.com ~Ketua Perkumpulan Perempuan Garuda Ceria (PPGC) Jawa Barat, Ruth Rahayu menegaskan, PPGC memang masih bayi tetapi bertekad membangun bersama.

Keterangan itu dikemukakan Ketua PPGC Jabar saat diwawancara indoartnews usai pembukaan Rapat Kerja (Raker) Perdana PPGC Jabar bertema "Unity in Divercity"  di Kawasan Kampung Daun Jl. sersan Bajuri Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/3-2021), dibuka oleh Inge Suprayogi dari perkumpulan Jabar Bergerak mewakili Attalya Ridwan Kamil yang berhalangan hadir.

Saat Inge Suprayogi membuka Raker, ia disambut tim tari Merak yang dibawakan 5 murid SMP BPPK asuhan Sanggar Seni Mekar Asih pimpinan Zamsudin dan lengser yang diperankan sangat luwes dan jenaka oleh Denny Gaclik.

Menurut Ruth, tujuan raker ini membangun peningkatan agar dapat dikenal visi misi PPGC hingga tidak simpang siur dan memokuskan serta mengerucutkan ke arah yang lebih baik.

Ruth mengatakan, PPGC ingin membangun komunikasi yang baik, mencintai budaya Indonesia khususnya dalam berkebaya, berseni, main musik seperti yang sudah dilakukan dan sedang berjalan yaitu berlatih main angklung dan degung.

Ia pun menjelaskan, ingin membangun soal seni budaya dan pariwisata. Karena itu ia berkehendak berjumpa dengan pihak dinas terkait namun karena kondisi pandemi Covid-19 mereka membatasi untuk bertemu.

Ia juga berharap pemerintah cobalah melirik kepada PPGC walau masih bayi tapi memiliki tekad besar untuk sama sama membangun.

"Sebab, kata Ruth, PPGC juga memiliki bidang kesenian, sosial, kesehatan dan lainnya dalam menunjang program pemerintah. PPGC juga memiliki bidang UMKM untuk membangun ekonomi yang lebih baik.

Sementara pembina PPGC Jabar, Dr. Tjahyadi Chandra M. Th mengemukakan, tujuan Raker ini untuk konsolidasi supaya Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) berikut divisi-divisinya dapat menangkap peran visi misi PPGC Jabar.

"Melalui Raker ini, kata Dr. Tjahyadi, diharapkan PPGC yang masih muda ini, baru berdiri namun sudah memiliki akte notaris juga menjadi satu dobrakan untuk bangkit melayani Jawa Barat".

Ia melihat PPGC ini cukup positif. Karena personal yang ada di dalamnya memiliki tujuan membantu warga kurang mampu secara kemanusiaan yang kuat dan pentingnya pemahaman Pancasila dari ke 5 sila itu menjadi patokan membantu warga kurang mampu.

"Saya masuk kesini bersama Pak Giri karena suka dengan semangat perkumpulan ini. Selain saya, ada Nico Siahaan anggota DPR RI yang juga salah satu pendiri. Di grup ini. Pak Nico seringkali menyampaikan usulan dan juga sering membantu dana," ucap Dr. Tjahyadi.

Dengan anggota yang kini jumlahnya mencapai 70 orang PPGC Jabar dengan kemampuan yang dimilikinya telah mampu membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam seperti banjir di Sukabumi dan longsor di Sumedang serta bencana lainnya.**

Editor H. Eddy D