Minggu, 18 April 2021 | 22:27 WIB

Dansektor 09 Kol. Czi Raflan Siap Sulap Lahan Lautan Sampah Jadi Obyek Wisata

foto

Elly Susanto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Dansektor 09 Kol. Czi. Raflan menyatakan tekadnya akan mengubah lahan seluas 2 Ha di Desa Galanggang Kec. Batujajar yang asalnya tempat tumpukan sampah dijadikan Posko Satgas Citarum Harum Sektor 09, dan menjadi obyek wisata yang dilengkapi dengan fasilitas taman, kolam ikan untuk tempat pemancingan, masjid juga dilengkapi tempat olahraga dan perkemahan.

"Jika rencana ini bisa terwujud, in sya Allah sebagai obyek wisata, akan membangkitkan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat pun kelak bisa menumbuhkan kreasi-kreasi baru yang dapat dijadikan buah tangan jika pulang ke rumahnya.

Karena itu bagaimana pun beratnya tugas, Satgas tetap membersihkan area ini dari tumpukan sampah yang telah mengendap terutama sampah plastik guna mewujudkan kawasan wisata.

Ia yakin perwujudan kawasan wisata ini bisa segera terwujud mengingat tumpukan sampah tetap dibersihkan, masyarakat juga antusias membantu mewujudkan bersihnya sungai dan waduk Saguling.

Sebab dalam kebersihan merupakan unsur terpenting dalam mewujudkan kepariwisataan. Apalagi program Citarum Harum yang tertuang dalam Perpres Nomor 15 tahun 2018 telah mewujudkan Citarum yang dinyatakan Unesco sebagai sungai terkotor di dunia, kini mulai tertata dan bersih dari sampah dan limbah.

Masyarakat di Batujajar yakin Dansektor 09 sesuai rencana bertekad untuk mewujudkannya. Karena dengan pariwisata akan mampu mengembangkan ekonomi masyarakat dan mewujudkan kreasi-kreasi ekonomi masyarakat, baik kreasi makanan khas mau pun cendera mata.**

Editor : H. Eddy D