Minggu, 9 Mei 2021 | 02:03 WIB

Kesadaran Warga Cileunyi Meningkat dan Mengapresiasi Satgas Citarum Harum

foto

Ken Zanindha

Sungai di wilayah Subsektor 02 Cileunyi lancar dan bersih dari sampah.

indoartnews.com ~ Masyarakat di wilayah yang dilewati sungai kini tampak tidak risih lagi jika tempat tinggalnya terlanda banjir. Karena aliran sungainya tidak lagi terhalang tumpukan sampah atau sedimentasi. Sampah di sungai selalu dibersihkan dan sedimen yang menebal di beberapa sungai sudah dikeruk.

Masyarakat pun kini lebih lega hati karena sungai-sungai hampir bebas sampah, limbah dan sedimen sudah dikeruk. Mereka, sebagian masyarakat yang dekat dengan sungai tidak lagi merasa khawatir banjir dan lingkungan pun bersih.

Masyarakat merasakan hal ini sejak hadirnya barisan TNI dalam Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum, khususnya di Sektor 21 dengan 18 Subsektor.

Satgas Subsektor 02 Cileunyi, Pelda Bernando Cavio mengemukakan, masyarakat sangat berterima kasih kepada Satgas Citarum Harum di Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi karena sungai Cikeruh sudah mulai jernih, banjir berkurang dan lingkungan pun bersih.

Karena itu jika Satgas turun membersihkan dan menata sungai tanpa diajak pun mereka turun membantunya, baik mengangkat sampah atau mengeruk sedimen, sehingga mereka pun ikut memelihara kondisi sungai dan lingkungan tempat tinggalnya.

"Jadi jika ada warga yang membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai, kata Pelda Bernando, tidak ditegor oleh Satgas melainkan oleh warga sendiri. Inilah salah satu keberhasilan Satgas setelah sering mengadakan komunikasi sosial, anjuran dan nasihat tentang pentingnya memelihara kebersihan.

Dengan demikian, kata Pelda Bernando, Satgas di Cileunyi kini tinggal membenahi, memelihara dan menjaga agar sungai Cikeruh tetap dan terus bermanfaat bagi kelangsungan hidup generasi berikutnya. Semua itu selalu disampaikan Dansektor 21 Kolonel Nursamsudin.

Namun Satgas tetap patroli sungai, berkomunikasi dan membersihkan sungai dengan masyarakat. "Untuk tidak mengganggu waktu warga jika melaksanakan kerja bakti sekarang ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu. Kerja bakti ini dilaksanakan demi hidup sehat.

Begitu juga ketika komunikasi sosial disisipkan masukan soal hidup sehat dan bersih sambil dipraktekkan agar menjadi benar-benar memahami arti kebersihan.

Selain itu juga warga menginginkan pelebaran sungai. Untuk hal itu Satgas, kata Pelda Bernando, memberi pengertian kepada warga bahwa untuk hal itu, pemerintah sudah memiliki program tersendiri termasuk soal pelebaran sungai.**

Editor : H. Eddy D