Minggu, 18 April 2021 | 21:11 WIB

Selain Bersihkan Sungai, Satgas Edukasi Masyarakat Sindangpakuon

foto

Elly Susanto

Ridwan Sopiana, Sekretaris Desa Sindangpakuon.

BANDUNG, indoartnews.com ~ Sungai di Desa Sindangpakuon Kec. Cimanggung Kab. Sumedang sejak kehadiran Satgas Citarum Harum menjadi bersih dan jernih. Sampah mau pun limbah sudah jauh berkurang.

Hal ini dikatakan Sekretaris Desa Sindangpakuon, Ridwan Sopiana kepada indoartnews.com, di kantor Desa Sindangpakuon wilayah Sektor 21 Subsektor 15 Citarum Harum, Senin (22/2-2021).

"Sekarang sungai itu lumayan jernih dan bersih sehingga bisa dipakai untuk berenang anak-anak tanpa ada rasa khawatir dengan kotoran domestik mau pun sampah.

"Untuk itu kami sebagai perangkat Desa dan atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada Dansektor 21 dan anggota yang telah bersusah payah membersihkan sungai dibantu partisipasi masyarakat," ujar Sekretaris Desa Pakuwon.

Saat ini, kata Sekdes, kondisi sungai sudah bersih. "Ini semua berkat Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Simedang. Serka Eri Krisyana bersama personel lainnya dari Satgas Citarum Harum ini juga telah mengedukasi warga tentang peranan kebersihan sungai dan lingkungan," tegasnya.

Edukasi kepada warga yang tinggal di bantaran sungai lebih ditekankan kepada jangan buang sampah sembarangan khususnya ke sungai. Sampah dari rumah jangan langsung dibuang tetapi kumpulkan dulu, baru dibuang di bak sampah.

Satgas juga, kata Sekdes Ridwan, mengedukasi peranan sanitasi masyarakat (sanimas) dan perlunya memiliki TPS 3R dalam upaya menanggulangi produksi sampah rumah tangga.

"Ini kami sampaikan, kata Sekdes, karena masih ada warga yang membuang sampah ke sungai dan untuk itulah Satgas tak bosan-bosan mengedukasi warga".**