Minggu, 18 April 2021 | 21:00 WIB

Pembangunan SPALD-T Upaya Atasi Penanganan DAS Citarum

foto

Administrator

Danpusdikhub Kol. Chb, Suparjo SIP saat meresmikan SPALD-T didampingi Lettu Kisworo dan Ir. M. Nur Kuswandana di Asrama Microwave Kalidam Kel. Karangmekar Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi (28/1).

CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21,Kol. Inf. Yusep Sudrajat menegaskan, pembangunan SPALD-T merupakan salah satu upaya mengatasi pencemaran DAS Citarum yang diakibatkan limbah domestik.

Penegasan Dansektor 21 ini disampaikan oleh Pasi Min Opp Sektor 21 Lettu Kisworo, saat peresmian SPALD-T program Sanimas Citarum Harum tahun anggaran 2020 di Asrama Microwave Kalidam Kel. Karangmekar Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi, Kamis (28/1-2021).

Menurut Dansektor 21, permasalahan DAS Citarum sangat kompleks dan salah satunya penyumbang pencemaran yang tidak kecil adalah limbah domestik. 

Karena itu, katanya pula, SPALD-T yang diresmikan ini dengan ukuran lebar 3,3 meter dan panjang 10 meter dan 70 sambungan rumah hendaknya tetap terpelihara.

"Kepada Kelompok Swadaya Masyarakat Kapota 3 diharapkan merawat instalasi SPALD-T ini sehingga dapat beroperasi dengan baik dan berdaya guna untuk jangka waktu yang lama," ucap Kolonel Yusep.

Ia pun berharap ada inovasi lain dalam upaya capaian program Citarum Harum dapat terwujud dengan kerjasama semua pihak dan menyadarkan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Sementara Dan Pusdikhub Kol. Chb, Suparjo SIP bersyukur dengan dibangunnya SPALD-T ini yang besar manfaatnya dalam mengatasi pencemaran akibat limbah domestik.

Dan Pusdikhub juga mendukung upaya ini dan berharap bisa dibangun di tempat lain seperti di Cilame. "Saya baru menjabat Danpusdikhub namun sudah lama mendengar adanya kegiatan Citarum Harum dalam mengatasi pencemaran di DAS Citarum dan saat ini menyaksikan langsung pembangunan SPALD-T sebagai salah satu program tersebut," pungkasnya.

Ucapan terima kasih juga dikemukakan Kadis DPKP Kota Cimahi, Ir. M. Nur Kuswandana kepada Danpusdikhub yang telah memberikan fasilitas lahan untuk pembangunan SPALD-T juga kepada Dansektor 21 dengan program Citarum Harum yang telah bekerja keras mengatasi pencemaran DAS Citarum dan sudah dibangun SPALD-T di beberapa tempat di Kota Cimahi.**

Editor : H. Eddy D