Sabtu, 27 Februari 2021 | 19:29 WIB

Sungai Cisangkuy Alami Pendangkalan, Hari ini Mulai Dikeruk

foto

Sungai Cisangkuy

BANDUNG, indoartnews.com ~ Hari Jum'at (22/1-2021) Satgas Subsektor 07 Cisangkuy mulai mengeruk sungai Cisangkuy yang lebarnya 10 meter pada area 5 km. Lebar sungai di kanan kirinya ditambah 1,5 meter.

Pengerukan dimulai dari Kp. Cibungur Desa Malakasari Kec. Baleendah sampai di Kp. Waas Desa Sukasari Kec. Pameungpeuk Banjaran.

Satgas Subsektor 07, Serka Ridwan menjelaskan, pengerukan dilakukan menggunakan alat berat dan 2 dumtruck dari Posko Sektor 21 Cipageran Kota Cimahi yang tiba Kamis malam (21/1-2021).

Menurut Serka Ridwan, pengerukan ini dilakukan karena ada pendangkalan sungai. Saat ini kedalaman sungai dari bibir sungai ke bawah hanya sekitar 0,5 meter.

Selain itu, katanya, bantaran sungai yang dulu lebar kini menyempit akibat rusaknya bantaran dan tanahnya masuk ke sungai hingga sungai pun menjadi dangkal. Demikian pula ranting-ranting masuk dan nyangkut di sungai yang menyebabkan timbul banjir.

Aliran sungai Cisangkuy dulunya lancar dan lurus. Sekarang banyak belokan dan menyempit. Belokan belokan ini yang mengakibatkan banjir karena sampah pun menghalangi aliran air.

Serka Ridwan juga mengemukakan, pengerukan sedimen (pelumpuran) ini juga melibatkan tokoh dan warga.**

Editor : H. Eddy D