Sabtu, 27 Februari 2021 | 19:54 WIB

Kades Padamulya Bersinergi Bersama Dansektor 4 Bangun Ketahanan Pangan

foto

Elly Susanto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Dansektor 4 Satgas Citarum Harum bersama Kepala Desa Padamulya Kec. Majalaya sinergis ingin memajukan dan membangun desanya.

Sinergitas ini muncul setelah ada pertemuan dan pembicaraan antara Dansektor 4 Kol. Inf. Mulyono dengan Kepala Desa Padamulya Iwan Kartiwa terkait kesalahfahaman soal Peraturan Desa.

"Dansektor 4, kata Kades Iwan Kartiwa Jum'at (15/1-2021) di Kantor Sektor 4, memberi pemahaman dan menganjurkan untuk merevisi Peraturan Desa itu dan bersama-sama membangun serta memajukan desa".

Iwan sendiri setelah pembicaraan dengan Dansektor 4 berkeinginan memajukan desanya. Sebab, desa merupakan ujung tombak negara, terutama dalam mewujudkan ketahanan pangan, penghijauan, konservasi tanah dan air demi mewujudkan desa yang mandiri.

"Bahkan, kata Iwan, dengan pembicaraan itu terbuka pemikiran warga tidak lagi menjadi pekerja melainkan mampu menciptakan lapangan kerja," tegas Kades Iwan.

Dalam pertemuan itu pula, katanya, Dansektor, akan membantu mewujudkan impian itu dalam menciptakan lapangan kerja dan berharap perusahaan-perusahaan di desanya juga bisa membantunya.

Karena, katanya, untuk mewujudkan ketahanan pangan di desanya rada sulit mengingat lahannya kian menciut dijadikan industri sekitar 75%.

Untuk itu, mengingat lahan untuk ketahanan pangan habis oleh industri, akan memanfaatkan generasi muda seperti Karang Taruna untuk menciptakan pekerjaan.

"Kami akan manfaatkan bibit-bibit pepohonan yang berakar tunggal seperti buah-buahan dan bukan tanaman berakar serabut," ucap Iwan.

Untuk menanam bibit pohon berakar tunggal pun hanya dapat memanfaatkan bantaran/pinggiran sungai yang manfaatnya bisa dirasakan 5 hingga 10 tahun lagi, bagi anak cucu.

Terkait dengan keluarnya Peraturan Desa, Iwan menyatakan terjadi miss communication yang menurut perusahaan sebagian pemilik dan mitra kerjanya merugikan mereka.

Padahal tidak demikian. Jika diibaratkan, warga termasuk pengurusnya seperti aparatur hingga RT-RW hanya mengelilingi meja yang penuh makanan tidak bisa menyentuhnya dan semua manajemen perusahaan dan mitranya makan lahap di meja makan.

"Apa salah jika kami aparatur dan masyarakat juga ingin makan seperti mereka dalam artian untuk mengenyangkan diri sendiri. Bukan seperti itu," tegas Iwan.

Ia pun menguraikan, visi misinya untuk menciptakan lapangan kerja demi meningkatkan perekonomian masyarakat. Artinya, sebelum menggali sumber daya alam menggali dulu sumber daya manusianya.

"Kami juga bangga dan mengapresiasi program bapak Kolonel Mulyono yang ingin membantu semua Kepala Desa, bukan hanya Desa Padamulya saja dan akan mengundang semua Kepala Desa di Majalaya di Sektor 4 Citarum Harum dalam suatu pertemuan nanti," pungkas Kades Iwan. 

Kepala Desa Padamulya juga bertekad membantu menyukseskan program Citarum Harum Sektor 4, khususnya di wilayah desanya.**

Editor : H. Eddy D.