Rabu, 27 Januari 2021 | 23:29 WIB

TNI AL Serahkan Bantuan Bagi Korban Longsor di Cimanggung Sumedang

foto

Elly Susanto

SUMEDANG, indoartnews.com ~ TNI AL menyerahkan bantuan logistik kepada korban tanah longsor di Bojong Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

 Bantuan itu diserahkan Kepala Dinas Psikologi TNI AL, Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani MSi, Psi mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono SE, MM kepada Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan didampingi Dandim 0610 Letkol Inf. Zaenal Mustofa, Kabasarnas Jabar Deden Ridwansyah dan Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, Rabu (13/1-2021).

Menurut Dinas Penerangan Lanal Bandung, bantuan itu berupa Sembako. Diantaranya beras, gula, mie instan, minyak goreng, biskuit, air mineral, tangki Air bersih (tandon) perlengkapan Bayi, peralatan makan, kasur, bantal, selimut, sprei, peralatan mandi, Susu, obat obatan, masker, hand sanitizer, pembalut dan perlengkapan shalat.

Penyerahan bantuan itu didampingi Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono, Kasubdis Psipers Dispsial Kolonel Laut (KH) Ahmad Riva'i, S.Psi, M.PPO, para pejabat Lanal Bandung, dan para pejabat teras TNI AL lainnya.

Bantuan tersebut merupakan kepedulian Kasal untuk pemulihan bagi warga yang terdampak longsor. Diharapkan dengan bantuan ini meringankan beban setiap keluarga yang terdampak longsor.

Bencana longsor terjadi di desa Cihanjuang Kab. Sumedang pada Sabtu 9 Januari 2021. Longsor pertama pukul 15.30 Wib dan kedua pukul 19.00 Wib.

Bencana itu terjadi akibat hujan berintensitas tinggi dan lama mengakibatkan tebing setinggi 30 meter menimbuni 18 rumah. Korban lainnya, petugas yang mengevakuasi di lapangan.

Terkait kedatangan rombongan Komandan Pangkalan TNI AL Bandung, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kasal terhadap warga Kab. Sumedang yang sedang mengalami musibah.

Padahal, menurut Erwan, saat ini Kasal sedang fokus melaksanakan operasi SAR pada kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Namun Kasal masih peduli terhadap kejadian bencana diwilayahnya.

"Semoga kunjungan yang dilaksanakan TNI AL ini bisa membantu kesulitan maupun permasalahan yang muncul di masyarakat serta semakin menunjukkan kemanunggalan TNI dan rakyat," pungkas Erwan.**

Editor : H. Eddy D