Rabu, 27 Januari 2021 | 23:27 WIB

Eco Enzyme Penyembuh Aneka Luka, Kebersihan Lingkungan dan Udara

foto

Elly Susanto

Robert Hadi

BANDUNG, indoartnews.com ~ Masyarakat Indonesia kini lebih memiliki kesempatan luas dalam menanggulangi aneka kesulitan menyembuhkan penyakit luar mau pun dalam dan lingkungan di rumah.

Robert Hadi, Tim Penyuluh, dalam obrolan dengan indoartnews.com saat sosialisasi Eco Enzyme kepada 18 Dansubsektor Satgas Sektor 21 Citarum Harum di Rancatungku, Banjaran Kab. Bandung, Senin (28/12-2020), menjelaskan, Eco Enzyme ini memiliki multi manfaat bagi masyarakat, khusus di Indonesia umumnya di dunia.

Robert mengatakan, bahan-bahan untuk membuat Eco Encyme ini sangat banyak dan mudah memperolehnya. Dari sampah yang terbuang.

"Semua bahan itu dari aneka sampah organik yang belum busuk dan diolah dalam tong besar direndam menggunakan air sumur yang bersih dan bukan dari air ledeng," ucap Robert. seraya menambahkan tong ditutup rapat dan dibiarkan dulu selama 3 hari.

Hari ke-3 dibuka untuk mengecek jika ada sampah yang mengambang. Jika ada yang mengambang, ditekan ke bawah supaya tidak muncul lagi. Sejak itu tong ditutup sangat ketat dan dibiarkan selama 3 bulan, jelas Robert Hadi. Ini menunjukkan, kata Robert, Eco Enzyme tidak menimbulkan bahaya bagi pemakainya. Bahkan bisa mempercepat penyembuhan, udara dan lingkungan yang bersih.

Demikian pula, kata Robert, kaum ibu rumah tangga lebih dimudahkan pekerjaan rumahnya, lebih bersih mencuci pakaian dan alat-alat dapurnya.

"Bahkan pula, tegasnya, dapat menyuburkan tanaman dengan menggunakan Eco Enzyme. Bukan hanya menyuburkan tanaman juga mempercepat pertumbuhannya".

Menjawab pertanyaan, Robert mengemukakan, dengan Eco Enzyme, lebih memudahkan masyarakat memperoleh penyembuhan, memudahkan pekerjaan kaum ibu dan membersihkan udara dan lingkungan.**

Editor : H. Eddy D.